Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Sumberdaya Air dan Kesejahteraan Publik: suatu Tinjauan Teoritis dan Kajian Praktis

17 Maret 2014
Dibaca : 1055 kali


Sumberdaya Air dan Kesejahteraan Publik: suatu Tinjauan Teoritis dan Kajian Praktis
Bunasor Sanim
Bogor: IPB Press, 2011
xxxviii, 190 hal + table; 23 cm

Air merupakan sumber kebutuhan dasar kehidupan yang diperlukan tidak hanya oleh manusia akan tetapi oleh semua mahluk hidup yang ada didunia ini.  Hari demi hari pasokan air dirasakan berkurang dikarenakan perilaku manusia yang secara disadari maupun tidak sudah merusak lingkungan.  Kerusakan lingkungan ini mengakibatkan bumi semakin panas, perubahan iklim yang berdampak pada curah hujan tidak menentu dan panjangnya musim kemarau, hutan sebagai penangkap air hujan semakin gundul, terjadinya pendangkalan sungai akibat erosi, pencemaran air sungai dan air tanah akibat limbah industri yang berdampak pada kuantitas dan kualitas air semakin menurun ditengah permintaan masyarakat air yang semakin meningkat.

Hal ini berdampak pada pemenuhan kebutuhan air di masyarakat.  Dimana masyarakat yang tinggal di perdesaan kebutuhan akan air berbeda dengan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Kebutuhan air di perdesaan paling banyak digunakan untuk keperluan lahan pertanian, sedangkan kebutuhan akan air di perkotaan dipengaruhi oleh laju urbanisasi dan aktifitas perekonomian yang dari tahun ke tahun semakin meningkat sehingga penyediaan air pun selalu mengalami peningkatan. Meskipun demikian penyediaan air belum cukup untuk memasok kebutuhan masyarakat kota. Berbagai kendala masih dihadapi diantaranya adalah kendala dari alam, pendanaan, pendistribusian, dan pemakaian air yang bervariasi  antara satu lokasi dengan lokasi lainnya sehingga berakibat di satu lokasi kelebihan air bersih sedangkan dilokasi lainnya menderita kekurangan.

Sumberdaya air pun dapat menjadi komoditas ekonomi, untuk hal ini diperlukan kebijakan yang efektif dan berkelanjutan yang dibuat oleh pemerintah yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kesejahteraan publik.  Untuk itu peran pemerintah, swasta dan masyarakat dalam melestarikan dan pemanfaatan sumberdaya air sangat besar agar tidak  terjadi krisis air dan sumberdaya air tetap tetap terjaga.

Dalam buku ini Prof Bunasor Sanim menguraikan pandangan-pandangannya terkait dengan sumberdaya air secara runut dan sistematis yang didukung oleh data-data kuantitatif, sehingga buku ini dapat menjadi bacaan untuk para pengambil kebijakan, peneliti, mahasiswa dan masyarakat yang turut menjaga kelestarian sumberdaya alam khususnya sumberdaya air.

Share