Percik 2016



Buku : Kita Bisa



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga






Daftar milis_ampl


Universitas Padjajaran



Universitas Hasanudin



ASCE Research Library

Situs ini milik the ASCE Online Researh Library, yaitu suatu perpustakaan penelitian (research library) yang memiliki koleksi lebih dari 33.000 full text papers yang berasal dari ASCE Journals dan proceedings yang telah diterbitkan sejumlah 300.000 halaman dan setiap tahunnya sekitar 4000 paper baru ditambahkan. Jurnal yang terdapat di ASCE library antara lain: Journal of Water Resources and Planning Management, Journal of Waterway, Portal, Coast, and Ocean Engineering, Practice Periodical of Hazardous, Toxic, and Radioactive Waste Management, Journal of Hydrologic Engineering, Journal of Environmental Engineering, Journal of Irrigation and Drainage Engineering, Natural Hazard Review, dan lain sebagainya.

The London School of Hygiene and Tropical Medicine - University of London ( LSHT&M )



International Institute for Infrastructure Hydraulic and Environmental Engineering ( IHEE )



IPTEKNET



Universitas Trisakti



Universitas Gadjah Mada



Institut Teknologi Bandung



Institut Pertanian Bogor



Institut Teknologi 10 November Surabaya



Universitas Gunadarma



Water, Engineering and Development Center (WEDC)

Di dalam situs ini pengunjung dapat menemukan resource center yang berisikan 10.000 macam koleksi yang terdiri dari buku-buku, arsip negara, proyek pelajar, video, jurnal, peta dan katalog pabrik Situs ini dikelola oleh Water, Engineering and Development Center yaitu suatu lembaga yang peduli pada bidang pendidikan, pelatihan, dan konsultasi berkaitan dengan perencanaan, pengadaan dan pengelolaan infrastruktur bagi pembangunan.

Appraisal



Arlist - L Action Research Mailing List



Universitas Indonesia



Water on the Web

Situs ini khususnya ditujukan bagi siswa SMA dan mahasiswa perguruan tinggi yang ingin memahami masalah air dan lingkungan hidup dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Di dalam situs ini terdapat paket edukasi komplit yang terdiri atas dua set kurikulum, data dari berbagai danau, dan sungai di seluruh dunia, extensive online primers, interpretasi data, dan sistem informasi geografis, juga berbagai materi tambahan lainnya. Water on The Web didanai oleh The National Science Foundation, Water on The Web terhubung pada University of Minnesota, perusahaan-perusahaan swasta, Minnesota High School, Universitas, badan regulator dan badan sumber daya alam.

International Water Law Project

The International Water Law Project Website dibuat untuk menyediakan informasi yang berhubungan dengan hukum air internasional beserta kebijakannya dan juga topic-topik lain yang berkaitan situs ini menawarkan bermacam-macam traktat, artikel, kasus hukum, cerita terbaru seputar hukum air, link internet, dan informasi lainnya yang relevan. Beberapa materi yang terdapat didalam situs ini, seperti artikel dan trakatat disediakan dalam bentuk teks lengkap. Situs ini dibuat dan dikelola oleh Profesor Gabriel Eckstein dari Texas Tech University School of Law.

Lenntech

Di dalam situs ini pengunjung dapat memperoleh informasi umum mengenai masalah udara, air, dan lingkungan hidup. Beberapa topik yang dapat ditemukan di situs ini antara lain masalah irigasi, air permukaan, air mineral, overview mengenai pemrosesan air limbah dan lain sebagainya. Disini juga terdapat link Frequently Asked Question (Pertanyaan yang paling sering ditanyakan) mengenai air. Pengunjung dapat memperoleh penjelasan yang singkat dan jelas mengenai water chemistry, water cycle, water quantity, water quality, water pollutions, water purification, drinking water, water usage, water & health, water energy, water ecology, water microbiology, dan water softener. Situs ini milik Lenntech, suatu institusi entitas baru dari Technical University Delft yang mendesain, membuat dan menginstal secara lengkap air and water treatment solutions.



WELL

Di dalam situs ini pengunjung dapat membaca berbagai macam materi publikasi seputar water supply, environmental sanitation, environmental health dan monitoring Situs ini milik The Well Resource Center, yaitu suatu resource center yang mengkhususkan diri pada masalah air, sanitasi, dan kesehatan lingkungan.

PUSAT PENELITIAN SUMBERDAYA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS INDONESIA (PPSML-UI)

Fungsi PPSML-UI seperti terefleksi dari namanya, adalah dalam bidang penelitian di bidang sumberdaya manusia dan lingkungan. Namun demikian, sebagai institusi yang berada di bawah Universitas Indonesia, PPSML-UI mengemban tugas TRIDARMA PERGURUAN TINGGI yaitu pendidikan (pelatihan), penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Tugas utama PPSML-UI adalah penelitian, oleh karenanya PPSML-UI merancang berbagai metode penelitian di bidang sumberdaya manusia dan lingkungan, seperti metodologi analisis dalam Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Untuk pengembangan metodologi tersebut serta menimba pengetahuan dan pengalaman, staf PPSML-UI turun ke lapangan guna penyusunan berbagai studi AMDAL dan membahas dokumen AMDAL pada Komisi AMDAL. Selain itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan kegiatan yang berbeda namun saling mendukung dengan kegiatan penelitian. Pada bidang pendidikan, PPSML-UI menunjang kegiatan Pendidikan Program Studi Ilmu Lingkungan pada Program Pascasarjana; selain menyelenggarakan berbagai pelatihan dalam bidang lingkungan hidup seperti AMDAL, Audit Lingkungan, dan Analisis Kebijakan Lingkungan Hidup dengan Sistem Dinamik. Pada bidang Pengabdian pada Masyarakat, PPSML-UI menyelenggarakan berbagai kegiatan penyuluhan, seminar, lokakarya, berbagai pelatihan khusus untuk masalah lingkungan hidup, dan otonomi daerah.