Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Buku Memanen Sampah

23 Oktober 2014
Dibaca : 1441 kali

Basriyanta

Yogyakarta : Kanisius,2007; 19 cm

 

Sampah merupakan masalah yang krusial, sehingga perlu pengelolaan secara cepat dan benar. Salah satu solusi untuk menangani masalah sampah adalah dengan mengelolanya, mulai dari masing-masing rumah tangga, kemudian meluas hingga kampung, desa, dan lokasi lainya.  

Dengan model pengelolaan berbasis masyarakat, banyak manfaat yang dapat kita raih, baik dari segi ekonomi maupun dari segi kesehatan lingkungan. Briket sampah merupakan salah satu produk pengelolaan sampah yang bisa dilakukan. Manfaat briket ialah bisa digunakan untuk mengganti bahan bakar minyak yang semakin langka dan mahal harganya. Selain itu kompos yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti pupuk kimia, sehingga produk pertanian yang dihasilkan bisa terbebas dari residu bahan kimia.

Melalui pengelolaan dan pemanfaatan sampah berbasis masyarakat, sampah bisa menjadi berkah dan sumber penghasilan. Sampah juga bisa dimanfaatkan sebagai energi dimasa mendatang.

Untuk pengembangan lebih lanjut, diperlukan dukungan dari pihak pemerintah mulai dari kelurahan, kecamatan, dan kabupaten dengan melibatkan instansi terkait untuk mengoptimalkan potensi dan kearifan lokal yang ada. Perlu adanya langkah-langkah penyadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. Sosialisasi dan pelaksanaan dapat diintegrasikan dalam setiap kegiatan, mulai dari kegiatan yang paling dasar misalnya rembug desa sampai seminar/lokakarya dan rapat-rapat dinas.

Selain itu, kompetensi pengelolaan sampah perlu diberikan kepada siswa mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Dengan demikian, masalah sampah yang masih menjadi masalah besar dalam masyarakat bisa segera diatasi. Dengan adanya usaha pengelolaan dan pemanfaatan sampah berbasis masyarakat diharapkan Program Pembangunan Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan dapat segera tercapai.

Buku ini merupakan kumpulan dari berbagai gagasan, kajian literatur, survei dan penghematan, maupun pengalaman nyata dari praktik pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Buku ini diharapkan bermanfaat bagi siapa saja, seluruh lapisan masyarakat yang ingin bersama-sama belajar dan mengimplementasikan pengelolaan sampah secara nyata, setidak-tidaknya di lingkungannya masing-masing.Riawati

 

Share