Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Jaga Keberlangsungan Bumi Demi Masa Depan

21 April 2016
Dibaca : 1144 kali

Tepat pada 22 April, hari ini diperingati sebagai Hari Bumi oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Setidaknya lebih dari 175 negara secara serentak memperingati Hari Bumi secara bersama. Hari Bumi pertama kali dicetuskan oleh senator asal Amerika Serikat, Gaylord Nelson pada 22 April 1970 dan hingga kini ditetapkan sebagai Hari Bumi. Di tengah minimnya kesadaran untk menjaga keberlangsungan bumi, peringatan Hari Bumi seakan menjadi cambuk bagi siapapun untuk terus peduli akan keberlangsungan bumi di masa depan.

Bagaimana kondisi bumi saat ini? Baru-baru ini Badan Metereologi , Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan hampir 43 persen cuaca saat ini dipengaruhi pemanasan global maka tidak mengherankan kondisi cuaca cepat berubah (perubahan iklim ekstrim). Itu adalah satu contoh dari sekian banyak dampak langsung yang dirasakan karena pemanasan global. Selebihnya seperti pencemaran lingkungan besar-besaran, banyak hutan terbakar, polusi udara dan masih banyak lainnya seakan menjadi momok menyeramkan tentang keberlangsungan bumi di masa depan. Upaya penyelamatan bumi pun harus dilakukan sekarang dan keterlibatan semua kalangan tentu akan berdampak besar.

Demi keberlangsungan bumi yang kita cintai ini di masa depan tentunya kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan harus ditingkatkan sejak dini. Tidak ada waktu untuk menunggu, masa depan bumi ada di tangan kita semua. Banyak upaya sederhana yang bisa Anda lakukan untuk turut berkontribusi menjaga bumi seperti tidak membuang sampah sembarangan, kelola sampah dengan 3R yakni reuse, reduce, and recycle, menanam pohon, serta hemat dalam menggunakan sumber daya energi.

Selain itu upaya sederhana lainnya yang bisa dilakukan adalah hemat air, jaga air, dan simpan air serta tidak buang air besar maupun kecil sembarangan. Jadi mari kita selamatkan bumi untuk masa depan serta kehidupan yang lebih baik. Dengan diperingatinya Hari Bumi pada 22 April 2016 ini, mari bergerak serentak menjaga bumi beserta kandungan kekayaan alam di dalamnya. Selamat Hari Bumi 2016. (Rini Harumi)

Share