Meriahnya Booth Pokja AMPL Nasional dalam Pameran Gelar TTG 2014

20 Juni 2014
Dibaca : 1435 kali

Meriahnya Booth Pokja AMPL Nasional dalam Pameran Gelar TTG 2014

Tidak terasa tiga hari sudah Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna yang dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja, Samarinda berlangsung. Pada hari ini, sejak pagi hari  booth Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional telah dikunjungi oleh banyak masyarakat.

Hal ini bukan hanya karena booth Pokja memang merupakan salah satu idola pengunjung saja, tetapi hari ini Pokja AMPL juga menyelenggarakan mini talkshow dengan tema “ Tippy Tap” sebuah inovasi alat Cuci Tangan Pakai Sabun di NTT.

Narasumber acara talkshow ini berasal dari perwakilan Plan Indonesia. Di mana, dalam paparannya Berince mengatakan, Tippy Tap merupakan inovasi alat CTPS yang dibuat dari alat dan bahan sederhana, seperti jerigen dan bambu.

Tippy Tap yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini diperkenalkan sejak tahun 2008 oleh Lesli seorang relawan promosi dari Canada yang menetap di Timor Tengah Selatan selama 2 tahun.  Dengan bantuan Plan Indonesia, alat ini pun akhirnya dipromosikan lebih luas pada 2010.

Pada acara talkshow yang dimoderatori oleh Eko Wiji Purwanto, Kasubdit Air Limbah dan Drainase, Bappenas teknologi Tippy Tap dipaparkan secara jelas dan rinci, bahkan cara pembuatannya pun dipraktekan langsung di depan para peserta talkshow yang terlihat begitu antusias.

Dalam acara ini, peserta juga diajak berinteraksi dengan  mengajukan pertanyaan kepada narasumber maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh moderator. Di mana, Setiap peserta yang dapat menjawab pertanyaan atau  yang mengajukan pertanyaan mendapatkan souvenir  dari Pokja AMPL Nasional.

Selain talkshow, stand Pokja AMPL Nasional juga mengadakan sejumlah permainan menarik, diantaranya permainan ular tangga sanitasi, kemudian kuis yang berisi pertanyaan tentang infomasi kondisi air minum dan sanitasi, maupun teknologi yang ditampilkan booth Pokja AMPL. Cheerli/ Eka. S

 

Share