Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Pemenang AMPL Award Siap Implementasikan Prestasinya di Masyarakat

06 November 2013
Dibaca : 1295 kali

Penghargaan AMPL Award ini merupakan kali kedua diberikan pada para pelaku yang telah memajukan provinsi, kabupaten, kota dan masyarakat di sekitarnya melalui kerja nyata di sektor air minum dan sanitasi.


Sejak pertama kali diberikan pada KSAN 2011 penghargaan AMPL Award senantiasa berupaya mencari kriteria khas dan inovatif dari para penggiat pembangunan air minum sanitasi di berbagai lapisan masyarakat.


Hal itu dikatakan Nugroho Tri Utomo Ketua Pokja AMPL Nasional sekaligus Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas usai acara penutupan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional Untuk Indonesia Lebih Sehat "Bangun Sanitasi Jangkau Air Minum" di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (31/10/2013).


Pemberian penghargaan untuk inisiatif dan inovator pembangunan air minum dan sanitasi, AMPL Award kembali digelar di ajang Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2013.


Sebanyak 12 pemenang terdiri atas tiga provinsi, lima kabupaten/kota dan empat kelompok penggiat di tingkat masyarakat mendapatkan piala penghargaan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Armida S.Alisjahbana.


Ketua Dewan Juri AMPL Award, Oswar Mungkasa menambahkan ada banyak kota kabupaten yang mempunyai sederet prestasi di kedua sektor ini.


"Namun, berbicara tentang siapa yang paling sukses memberdayakan dan menjaga keberlanjutan kelompok swadaya masyarakat program sanimas, Kota Tabanan juaranya.


Di kategori kelompok, Bank Sampah Malang (BSM) berhasil unggul karena manajemen baik yang mampu merangkul pemerintah daerah, sektor usaha dan juga masyarakat.


Sampai April 2013, BSM memiliki 282 unit bank sampah, 169 unit bank sampah di sekolah, 5 unit pengepul dan lebih dari 21 ribu nasabah dengan total transaksirata-rata perhari mencapai 4 juta rupiah.


"BSM memahami pentingnya keterlibatan masyarakat, memiliki dan mengembangkan konsep yang replikatif serta memperhitungkan sisi keberlanjutannya. Inovasi nyata ini ingin kami apresiasi juga dalam AMPL Award," kata Oswar.


Dalam penghargaan AMPL Award kriteria dijaring dari daftar panjang yang menjadi masukan sejumlah program air minum dan sanitasi yang dikelola pemerintah proyek-proyek lembaga donor, NGO, organisasi masyarakat maupun swasta.

 

Sumber :
rri.co.id - 1 November 2013

Share