Public - Private Partnerships ( PPP Book) 2012 Water Supply - solid Waste and Sanitation

07 Maret 2013
Dibaca : 1213 kali

Public-Private Partnerships (PPP Book) 2012 Water Supply-solid Waste and Sanitation: Langkah Nyata Pemerintah Dalam Memperbaiki Kondisi Sanitasi dan Air Minum

Kondisi sanitasi dan air minum di Indonesia saat ini bisa dikatakan mulai berkembang pesat. Faktanya, berdasarkan data terakhir Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa kondisi sanitasi dan air minum telah mengalami kenaikan yang cukup positif.

 Di sektor sanitasi misalnya, BPS menuliskan cakupan sanitasi layak di Indonesia pada 2011 telah mencapai 55,50%. Sedangkan di sektor air minum, cakupan air minum aman di negeri ini sudah mencapai angka 55,04%.

Pencapaian ini tentunnya merupakan kabar gembira, walaupun angka tersebut masih belum begitu mendekati target MDGs 2015 yaitu lebih dari separoh masyarakat Indonesia sebesar 62,41% mendapatkan akses sanitasi layak dan 68,87% memperoleh air minum aman.

Berangkat dari itu, berbagai langkah perbaikan kondisi sanitasi dan air minum pun semakin gencar dilakukan berbagai pihak. Salah satunya melalui Kerjasama Pemerintah dan Swasta (KPS) atau lebih dikenal dengan Public Private Partnership (PPP).

PPP merupakan kerjasama dalam penyediaan infrastuktur antara pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah dengan badan usaha swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri. Berikut adalah sejumlah proyek di sektor sanitasi dan air minum yang rencana di implementasikan melalui KPS. Untuk detail proyek terkait dapat dilhat pada file berikut.

 

Public - Private Partnerships ( PPP Book) 2012

Share