Deklarasi ODF (Open Defecation Free) RW 04 Semper Barat Menjadi yang Pertama di Jakarta

18 Maret 2016
Dibaca : 1842 kali

Apresiasi yang tinggi perlu diberikan kepada Warga RW 04 Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara atas komitmennya dalam menghilangkan praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS).  Pada Jumat, 16 Maret 2016, Warga RW 04 melakukan Deklarasi Stop Buang Air Besar yang merupakan salah satu pilar dari program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Pembacaan deklarasi ODF dilakukan oleh beberapa perwakilan RW 04 dan dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta (Djarot Syaiful Hidayat), Walikota Jakarta Utara (Rustam Efendi), serta Direktur Kesehatan Lingkungan (Imran Agus Nurali) dari Kementerian Kesehatan. Acara tersebut berjalan dengan meriah karena adanya antusiasme yang tinggi dari warga yang sudah memenuhi lapangan untuk menyambut deklarasi tersebut.

Dalam deklarasi tersebut, Ketua RW 04 menyampaikan bahwa pemicuan SBS (Stop Buang air besar Sembarangan) telah dilakukan ke rumah-rumah warga, sekolah, dan kelompok senam hampir selama 3 tahun yang lalu. Warga RW 04 Semper Barat merasa sangat bangga karena dapat mendeklarasikan SBS setelah melalui beberapa verifikasi STBM untuk SBS. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa 3 RT berpotensi 100% SBS, dan dari total 1305 KK yang diverifikasi, sebanyak 1074 KK dinyatakan layak SBS. Pencapaian ini yang menjadi dasar bagi masyarakat RW 04 untuk melaksanakan deklarasi SBS.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful menyebutkan bahwa komitmen untuk melaksanakan STBM penting untuk dilakukan karena sanitasi buruk menyebabkan kerugian yang sangat besar. Selain itu beliau mengharapkan agar Semper Barat dapat menjadi contoh baik dan inspirasi bagi wilayah kumuh lain di Jakarta dalam hal penanganan sanitasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Kesehatan memberikan hibah sebuah gerobak motor sebagai upaya untuk mempermudah operasional Bank Sampah yang sedang dilaksanakan di Semper. Direktur Kesehatan Lingkungan, Imran Agus mengapresiasi deklarasi yang dilakukan di Semper Barat sebagai deklarasi pertama yang dilaksanakan di DKI. Kedepannya beliau mengharapkan agar program ini tidak hanya berhenti di SBS namun turut disempurnakan juga di 4 pilar STBM lainnya yaitu cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

(Dewi S.)

 

Share