Diare Menyerang, Mari Terapkan PHBS

08 Agustus 2014
Dibaca : 1545 kali

Hingga kini diare masih menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang masyarakat Indonesia.

Seperti dikatakan, Dokter Ahli Penyakit Dalam, Irsyal Rusad kepada Kompas Health, diare adalah salah satu penyakit yang termasuk didalam water born diases yakni penyakit yang ditularkan ke manusia akibat adanya pencemaran baik berupa mikroorganisme ataupun zat tertentu pada air.

Masih tingginya kejadian diare di Indonesia terutama pada saat musim penghujan, tentunya sangat tidak diharapkan. Terlebih diare masih menjadi salah satu penyakit yang mengkhawatirkan

Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukkan,  diare merupakan  salah satu penyakit penyebab kematian bayi dan balita terbesar di Indonesia. Setidaknya sebanyak 31,4% bayi dan 25,2% balita mati setiap tahunnya. Di mana, penyebab utama terjadinya diare ialah karena kondisi sanitasi buruk yang disebabkan masih banyaknya warga yang melakukan praktek buang sampah sembarangan atau buang air besar dan kecil sembarangan seperti di kali dan sungai.

Berdasarkan studi ESI, Water Sanitation Project (WSP-World Bank) 2013 menunjukkan  bahwa kondisi sanitasi buruk secara tidak langsung akan menurunkan sebesar 3% dari PDB. Selain itu, ESI juga menyatakan, diare yang diakibatkan oleh sanitasi buruk saat ini menyebabkan kematian anak sebanyak 1,4 juta jiwa pertahun.

Irsyal Rusad kepada Kompas Health mengatakan, ada beberapa cara mudah dan murah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit diare yaitu dengan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Diantaranya seperti pengelola air minum dan makanan sehat, rutin melakukan perilaku cuci tangan pakai sabun, dan  juga tidak mencemari lingkungan dan air dengan buang air besar dan buang sampah di sembarang tempat.

Bila pola hidup sehat ini rutin dilakukan, maka secara otomatis penyebaran penyakit diare pun dapat dihindari. Pada program STBM sendiri telah ada 5 pilar yang harus diwujudkan untuk menurunkan kejadian diare. Lima pilar tersebut ialah Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Bukan hanya untuk mencegah terjadinya diare, lima piliar ini juga dimaksud untuk dapat meningkatkan angka kesehatan masyarakat Indonesia yang kini belum memperoleh hasil optimal. Cheerli/Berbagai Sumber

Share