Serunya Kunjungan Sahabat Air Dan Sanitasi ke IPA Palyja

05 Maret 2015
Dibaca : 1571 kali

Pagi itu, kantor pengolahan air minum PT.Palyja di jl. Pejompongan terlihat ramai oleh siswa SD yang berpakaian seragam hijau-oranye. Ya, hari ini teman-teman siswa SAS melakukan kunjungan ke Palyja untuk belajar secara langsung bagaimana proses pengolahan air dari sungai hingga bisa dialirkan sampai ke rumah-rumah penduduk yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Dalam kunjungan tersebut para siswa SAS mendapatkan informasi bahwa ketersediaan air bersih di daerah DKI Jakarta sudah semakin sulit. Dari 13 sungai yang ada di Jakarta, hampir tidak ada yang dapat dijadikan air baku untuk dipakai memenuhi kebutuhan masyarakat secara langsung. 

Air dari sungai harus dikelola terlebih dahulu dengan proses yang cukup panjang dan rumit. Siswa SAS diajak berkeliling ke tempat proses pengolahan untuk melihat langsung bagaimana air kotor yang berasal dari sungai/kali dialirkan ke beberapa kolam penyaringan. Selain itu, para siswa juga diajak memasuki ruangan bawah tanah, dimana air mengalami proses pemberian kaporit agar terbebas dari segala kuman.

Bukan hanya berkeliling menyaksikan proses pengolahan air bersih saja, siswa SAS juga diajak untuk menonton video sejarah berdirinya PT.Palyja, kemudian para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya. Lebih dari itu, untuk menambah keseruan, diakhir acara pihak Palyja memberikan cenderamata kepada seluruh peserta, para siswa pun menyambut dengan gembira. Galuh Forkami

Edit: Cheerli

Share