Wabup Inhil Hadiri Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional di Jakarta

30 Oktober 2013
Dibaca : 1506 kali

Riauterkini-JAKARTA-Bagi memperoleh masukan bagi pengembangan dan pembangunan Sanitasi dan Air Minum di Inhil, Wakil Bupati Inhil, H Rosman Malomo menghadiri acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional ( KSAN ) 2013, Selasa (29/10/13).

Kegiatan konferensi ini dilaksanakan di Balai Kartini Jakarta, juga pada saat itu juga dilaksanakan pameran tentang Sanitasi dan Air Minum.

KSAN 2013 dimaksudkan untuk menegaskan kembali komitmen Indonesia dalam pencapaian target MDGs yang telah disepakati sekaligus mendorong implementasi direksi Presiden yang tertuang dalam Klaster IV, yaitu menyediakan air minum dan sanitasi untuk masyarakat miskin.

KSAN merupakan salah satu agenda nasional sekaligus momentum untuk memperluas komitmen untuk pembangunan air minum dan sanitasi. Kegiatan ini juga merupakan ajang terbesar dan paling strategis karena akan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan tingkat pusat, provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan berbagai pihak.

Konferensi ini telah diselenggarakan tiga kali. Dimulai dengan Konferensi Sanitasi Nasional I di tahun 2007 menghasilkan Deklarasi Jakarta yang mengusung pentingnya pembangunan sanitasi untuk masyarakat miskin. KSN II diselenggarakan kembali tahun 2009, dimana Wakil Presiden Boediono meluncurkan Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP). KSAN 2011 menjadi momentum mendorong investasi di sektor air minum dan sanitasi.

Tahun 2013, KSAN diselenggarakan untuk mengadvokasi sektor sanitasi dan air minum. Kegiatan ini mendorong upaya menyelesaikan target-target yang tertuang dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dan MDGs 2015 serta masukan bagi penyusunan RPJMN selanjutnya.***(adv/hum/mar)




sumber

Share