Handwashing with soap-two paths to national-scale programs: Lessons from field: Vietnam and Indonesia

12 November 2012

Penelope Dutton, Isabel Blackett etc
22 p, photo, table, figure
Jakarta, Water and Sanitation Program, 2011

Salah satu program dari Water and Sanitation Program (WSP) adalah cuci tangan pakai sabun yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari di Asia Tenggara. Negara yang berinisiatif dan telah melaksanakan program ini adalah Vietnam yang mendapat dukungan dari pemerintah bekerjasama dengan swasta dan masyarakat.  Saat ini hampir dua juta anak dan sekitar 80.000 pelajar telah melaksanakan cuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-harinya.

Selain Vietnam  beberapa negara telah melaksanakan program ini, diantaranya adalah Indonesia yang sejak tahun 1980 selalu berupaya untuk meningkatkan jangkauan program cuci tangan pakai sabun  ini melalui promosi kepada masyarakat yang mendapat dukungan  pemerintah, swasta dan lembaga swadaya masyarakat.

Buku ini menjelaskan ide-ide dan pendekatan perubahan perilaku dan berbagai upaya untuk mendorong sektor swasta agar berpartisipasi dalam program cuci tangan pakai sabun, yang bertujuan untuk mengurangi dampak dari perilaku hidup tidak bersih dan tidak sehat sehingga dapat mengurangi timbulnya berbagai penyakit seperti diare, tipus dan penyakit lainnya.
Cuci tangan pakai sabun ini dilakukan sebelum makan, sebelum mempersiapkan makanan, sebelum memberi makan anak, setelah dari toilet, dan setelah memegang binatang.

Terdapat beberapa tantangan dalam melaksanakan  program ini diantaranya adalah  cara mempromosikan  program  secara khusus kepada masyarakat yang memiliki keragaman etnik dan geografi; mendapatkan investasi fisik dari pengadaan air dan cuci tangan pakai sabun di sekolah-sekolah dan proses memonitor dan mengevaluasi yang memberi  timbal balik dan panduan  dari program ini.

Pembelajaran yang dapat diambil adalah

  • Pesan perubahan perilaku harus berdasarkan penelitian dan dikembangkan oleh para professional
  • Pesan yang konsisten dan informasi tentang masa-masa kritis untuk mencuci tangan akan meningkatkan efisiensi pelaksanaan
  • implementers harus dilatih dalam perubahan perilaku promosi teknis
  • Membangun pada pekerjaan mencuci tangan sebelumnya untuk melompat melalui  kemitraan
  • Sebuah logo nasional ini berharga untuk menyatukan semua pemangku kepentingan di sekitar umum pesan dan pesan kampanye

Kedua program menunjukkan berbagai ide yang dapat diterapkan untuk memperbesar skala handwashing dengan sabun promosi di negara-negara lain.

Share