Pendataan AMPL: Studi Kasus dari Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura

12 November 2012
Dibaca : 1847 kali

Pokja AMPL Kota Jayapura  
vi, 42 hal +tabel + grafik        
Jayapura, Pokja AMPL, 2010

Kota Jayapura merupakan pusat permukiman sekaligus pusat berbagai kegiatan yang mengalami pertumbuhan penduduk  sangat pesat akibat dari tingginya migrasi baik dari dalam Provinsi Papua maupun Provinsi lainnya di Indonesia.

Buku ini secara umum memaparkan data-data tentang air minum dan penyehatan lingkungan di Distrik Jayapura Selatan.  Saat ini Distrik Jayapura menghadapai dua masalah utama yaitu rendahnya cakupan layanan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) dan rendahnya kemampuan keuangan pemerintah daerah dalam membangun sarana dan prasarana AMPL.   

Permasalahan lain yang menjadi tantangan untuk diselesaikan Distrik Jayapura Selatan adalah kebutuhan air minum, hygiene dan sanitasi. Sebagai contoh yaitu terlihat dari jamban yang dimiliki masyarakat tidak hygiene. Untuk hal ini diperlukan pendekatan kepada masyarakat agar dapat mengubah perilakunya menjadi perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan menggunakan metode pemicuan.

Share