Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


MEDIA MONITORING : AGUSTUS - SEPTEMBER 2012

29 Januari 2013
Dibaca : 1340 kali

DINAMIKA ISU AMPL DI BULAN AGUSTUS - SEPTEMBER

Dinamika pemberitaan isu Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) di media online cukup dinamis pada bulan Agustus-September. Mulai dari tema drainase lingkungan, persampahan, air limbah, hingga air minum. Monitoring ini masih  menggunakan media online yang sama, yakni Antara.com, Vivanews.com, Kompas.com, mediaindonesia.com, inilah.com. detik.com, dan okezone.com. 

A.     Persentase Berita AMPL AGUSTUS - SEPTEMBER 2012

Selama bulan Agustus, total pemberitaan AMPL di media online sebanyak 340 berita. Dari jumlah tersebut, 152 berita (45%) mengangkat tema air minum dengan mayoritas pembahasan mengenai krisis air bersih di daerah. Untuk drainase lingkungan, 160 pemberitan (25%) dengan dominasi seputar bencana banjir terutama yang terjadi di Padang, Ambon, Aceh, Medan dan juga Timika. Untuk tema persampahan, pemberitaannya sebanyak 118 (19%) dimana sebagian besar persoalan yang diangkat adalah mengenai proses pengelolaan dan penanganan sampah. Selain itu, kenaikan volume sampah selama bulan Ramadhan juga mendapat perhatian media.

Sementara untuk September, terjadi penurunan pemberitaan AMPL menjadi 294 berita. Masalah krisis air bersih masih mendominasi dengan jumlah 184 berita (63%). Salah satu penyebab krisis Tercatat beberapa wilayah seperti Jakarta, Lumajang, Pasuruan, Pati, Tuban, Banyumas, Cilacap hingga wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) terkena salah satu dampak kemarau yang berkepanjangan.

Terkait dengan drainase lingkungan, jumlah beritanya sebanyak 51 berita (17 %) dengan fokus pemberitaan terkait banjir. Terutama yang melanda Padang. Sementara untuk tema persampahan, pemberitaannya dimuat sebanyak 44 berita (15 %) dengan pembahasan seputar upaya pengelolaan sampah yang dilakukan di daerah. Persoalan ketidaktersediaan TPA yang tidak memadai serta penolakan yang dilakukan oleh warga akan kehadiran TPA juga banyak diangkat oleh media.

Untuk tema terkait dengan air limbah, pemberitaannya tidak cukup banyak yaitu hanya sekitar 15 berita (5%). Permasalahan yang cenderung banyak diangkat terkait tema ini salah satunya adalah mengenai upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk bebas BAB sembarangan. Tema lain yang juga diangkat adalah acara East Asia Ministerial Conference on Sanitation and Hygiene (EASAN) III di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 10 September 2012.

Agustus

 

SEPTEMBER

 

B.    KESIMPULAN

Dari hasil monitoring yang dilakukan, terdapat kesamaan fokus antara bulan Agustus dan September, yakni mayoritas mengangkat persoalan krisis air bersih. Tidak hanya pada tema air minum, pada tema  lainnya seperti drainase lingkungan, persampahan, dan air limbah, secara komposisi pemberitaan memiliki kesamaan antara Agustus dan September.

Kesamaan ini disinyalir karena terjadi beberapa peristiwa yang sama-sama menarik perhatian media antara bulan Agustus hingga September. Seperti misalnya banjir bandang yang menimpa Kota Ambon dan Padang, peningkatan volume sampah selama bulan Ramadhan dan saat perayaan Lebaran. Artinya, bisa dikatakan pengangkatan isu-isu AMPL dalam berita sangat dipengaruhi oleh berbagai peristiwa penting yang menjadi perhatian media. (Rozi-Kelly)

 

Share