Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


MEDIA MONITORING : JULI 2012

29 Januari 2013
Dibaca : 995 kali

DINAMIKA ISU AMPL DI BULAN JULI 2012

Dalam rangka mengamati dinamika isu air minum dan sanitasi yang muncul di media massa, Sekretariat Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional melakukan monitoring media dengan fokus kepada pemberitaan air minum, persampahan, air limbah, dan drainase lingkungan. Keempat tema ini kemudian dipantau melalui pemberitaan dari tujuh media online yaitu Antara.com, Vivanews.com, Kompas.com, mediaindonesia.com, inilah.com. detik.com, dan okezone.com.

PERSENTASE BERITA AMPL DI MEDIA

Total pemberitaan isu AMPL selama bulan Juli di media online sebanyak 322. Sejumlah 122 berita atau 38% mengangkat masalah “Drainase Lingkungan”. Berita yang paling banyak diulas adalah mengenai banjir.  Meski masih pertengahan tahun dan belum memasuki musim hujan, ternyata beberapa wilayah Indonesia telah dilanda banjir. Tercatat banjir melanda sebagian kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan karena meluapnya Sungai Asam-Asam. Di Padang juga mengalami banjir bandang yang menggenangi lima dari 11 Kecamatan di kota tersebut.

Uniknya, sebagian berita bicara mengenai banjir Jakarta. Bukan karena banjir sedang terjadi di Jakarta, namun karena isu ini selalu disinggung dalam setiap kampanye para kandidat calon gubernur DKI Jakarta.  Dalam pernyataannya, Fauzi Bowo, Alex Nurdin dan Hendardji Supandji berbicara mengenai bagaimana rencana mereka untuk mengatasi banjir di ibukota.

Sementara pemberitaan untuk tiga tema lainnya, “air minum”, “persampahan” dan “air limbah” masing-masing berkisar 31 %, 26% dan 5 %. Untuk air minum, mayoritas pembahasan mengenai krisi air bersih. Persampahan, banyak diangkat mengenai upaya-upaya penanganan sampah di beberapa daerah seperti pembangunan bank sampah, tempat pemrosesan akhir (TPA), dan peraturan olah sampah menjadi energi. Sedangkan untuk kategori air limbah, banyak membicarakan seputar  penanganan limbah rumah tangga.

Skema Sebaran Pemberitaan “Drainase Lingkungan”

 

Kesimpulan

Banjir merupakan tema berita yang paling banyak diangkat oleh media online. Sebagian memang merupakan reportase kejadian bencana banjir. Namun sebagian lagi adalah pembahasan banjir dalam pemberitaan pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Isu penanganan banjir selalu digunakan para kandidat calon Gubernur DKI dalam setiap kampanye politik mereka.  Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa ketika isu AMPL dihubungkan dengan salah satu isu lain yang tengah aktual, otomatis akan menarik perhatian media juga. (Rozi-Kelly)

Share