Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Tingkatkan Kebersihan di Sekolah, Forkami Adakan Pelatihan untuk Penjaga Sekolah dan Penjaga Kantin

02 Maret 2015
Dibaca : 1116 kali

Untuk memperkuat jalannya program Sahabat Air dan Sanitasi (SAS) di 36 sekolah terpilih, Forkami  mengadakan pelatihan untuk penjaga sekolah dan penjaga kantin. Sebanyak 72 peserta pelatihan hadir pada hari Sabtu 27-09-2014 di aula Dirjen P2PL Kemenkes (Gd.D) Jl. Percetakan Negara no.29 Jakarta Pusat.

Dalam pelatihan ini peserta di berikan informasi mengenai program secara umum dan diminta untuk berpartisipasi mendukung program sesuai dengan kapasitasnya sebagai penjaga sekolah dan penjaga kantin. Peserta juga diperlihatkan video-video pendukung yang telah disiapkan oleh panitia sebagai gambaran tentang kondisi sekolah yang seharusnya diciptakan bagi kenyamanan dan kesehatan anak-anak.

Selain menonton video, peserta juga diarahkan untuk memecahkan masalah yang biasa terjadi di sekolah sehubungan dengan kantin dan kebersihan sekolah Masing-masing kelompok yang telah berdiskusi dan mencari solusi diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok lain, sehingga dapat menjadi media bertukar pikiran jika suatu saat menghadapi masalah yang sama.

         

Menyajikan makanan sehat, bersih, serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan poin penting disampaikan pada pelatihan ini selesai. Untuk memantau perkembangan dan mengevaluasi keberhasilan pelatihan tersebut, maka siswa SAS akan diberikan tugas untuk memantau dan menginvestigasi lingkungan sekolah. Siswa SAS akan diberikan daftar pertanyaan untuk mencari tahu sejauh mana penjaga sekolah dan penjaga kantin di sekolahnya terlibat dan berpartisipasi dalam program ini.

 

Melalui pelatihan ini peserta diberikan banyak kesempatan untuk dapat mengemukakan kondisi di sekolah. Harapannya setelah pelatihan ini, para penjaga sekolah dan penjaga kantin, dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan  sekolah. Galuh Forkami

Edit: Cheerli

Share