Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Rapat Koordinasi Nasional STBM Siap Digelar

08 Juli 2014
Dibaca : 1496 kali

Pendekatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) telah dikenal lama dan menghasilkan banyak pembelajaran baik kegagalan maupun kesuksesan yang berharga. Berbagai ajang bergengsi seperti AMPL Award dan MDGs Award telah mengakui dan memberikan beberapa penghargaan pada perorangan, pemerintah, maupun institusi lainnya yang sukses berinovasi dan mengembangkan STBM di daerah.

Dengan berbagai inovasi dan pembelajaran luar biasa yang ada saat ini, bagaimanakah STBM nantinya setelah target MDGs dan RPJMN 2009-2014 tercapai.

Pokja AMPL Nasional khususnya Kementerian Kesehatan sebagai leading sector STBM bersama berbagai mitra STBM saat ini sedang menyiapkan konsep STBM paska 2015. Rencananya, konsep ini akan dimatangkan bersama pemerintah provinsi seluruh Indonesia pada Rapat Koordinasi Nasional STBM di bulan September 2014 mendatang.

Pada acara Rakornas tersebut STBM yang selama ini hanya dikenal untuk sektor kesehatan juga akan melebarkan sayapnya. Peserta Rakornas STBM kali ini juga tidak hanya berasal dari Dinas Kesehatan, namun juga institusi pemerintah lainnya seperti Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, dan BPMD/Bapenas tingkat provinsi.

Selain itu, bergabung pula berbagai lembaga donor, NGO internasional, media massa dan sektor swasta. Tujuan partisipasi mereka ialah untuk memastikan kiprah para pelaku STBM dikenal oleh pemerintah provinsi dan siap bekerja sama mengembangkan STBM di daerah kerja masing-masing.

Lebih dari itu, pada acara ini sejumlah perwakilan negara tetangga pun sudah menyatakan ketertarikannya untuk hadir dan belajar dari Indonesia tentang efektivitas STBM dalam melakukan perubahan perilaku hygiene di masyarakat dalam waktu yang relatif singkat.

Rakornas STBM kali ini merupakan Rakornas kedua yang rencananya akan diadakan di Jakarta pada 27-29 Agustus 2014. Sama seperti Rakornas pertama yang diadakan pada 2011 lalu, tahun ini Rakornas STBM juga akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan, di mana dalam acara tersebut Menteri Kesehatan rencananya akan meresmikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) STBM.

Bukan hanya itu, Rakornas STBM juga akan memberikan praktik-praktik terbaik pelaksanaan STBM dari seluruh Indonesia yang bisa menjadi bahan pelajaran lebih lanjut oleh berbagai pihak. Semua hal  ini tidak lain untuk memantapkan langkah STBM paska 2015 yang tercermin dalam tema Rakornas yaitu “Bersinergi dalam STBM Mencapai Akses Universal 2019”. Mari bersiap menyambut Rakornas STBM 2014. Indriany

Edt: Cheerli

Share