Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa

Pastikan Situs AMPL Menunjang Knowledge Management Anda

23 Desember 2014
Dibaca : 1001 kali

 

Di era dimana overload informasi merupakan masalah sehari-hari, saat ini knowledge management (KM) menjadi kebutuhan mendasar di berbagai bidang. Tidak terkecuali sektor pembangunan air minum dan sanitasi, karena sektor ini memiliki begitu banyak data, informasi, pengetahuan, dan pembelajaran.

Menuju era inovasi, individu dan organisasi yang berkomitmen menerapkan KM akan dapat menciptakan dan memimpin inovasi serta terobosan-terobosan baru dengan mudah. Hal ini tak pelak lagi dibutuhkan untuk pencapaian target Universal Access tahun 2019 yang dicanangkan.

Sebagai salah satu sektor pembangunan, sektor air minum dan sanitasi memiliki banyak stakeholder baik di tingkat pusat maupun daerah. Kondisi ini menyebabkan penerapan KM di sektor AMPL adalah bukan untuk 1 organisasi, namun merupakan KM untuk multipihak yang berskala nasional. Untuk itu dibutuhkan satu platform yang kredibel dan bisa diakses multipihak dengan mudah, yaitu situs.

Situs AMPL perlu menunjang KM dari berbagai organisasi dan individu yang bekerja di bidang AMPL dengan memberikan berbagai kebutuhan informasi stakeholder. Kebutuhan informasi ini terdiri dari regulasi, panduan/pedoman, pengalaman berbagai pihak, data, hasil riset, media komunikasi, dan lain-lain.

Apakah dengan adanya situs yang memberikan semua informasi ini berarti KM AMPL sudah baik? Tentu saja tidak. KM terdiri dari 3 komponen yaitu Process, People, dan Technology. Situs AMPL dalam hal ini mendukung di komponen teknologi. Yang perlu dipastikan adalah bahwa:

  1. Stakeholders AMPL (People) menggunakan dan mendapatkan manfaat besar dari situs AMPL.
  2. Situs AMPL memfasilitasi proses penyebaran dan sharing pengetahuan (Process).

Tentu saja bukan berarti KM AMPL itu semata hanya situs AMPL, karena elemen yang paling penting dalam KM adalah People. Selama ada Process yang memastikan adanya pengumpulan pengetahuan, penyebaran pengetahuan dan penciptaan pengetahuan di kalangan stakeholders AMPL, maka KM AMPL akan terus bergulir. Hal ini diperlukan agar organisasi dan individu penggiat AMPL terus mendapatkan manfaat KM, mengembangkan kapasitasnya, menciptakan inovasi-inovasi baru yang pada akhirnya memberikan pencapaian signifikan pada akses air dan sanitasi di Indonesia.

Apakah situs AMPL memiliki peran di atas? Ini adalah tugas dari stakeholders AMPL untuk memastikannya, karena sumber materi dan sasaran situs AMPL adalah stakeholders AMPL juga. KM AMPL bukanlah semata tugas dan tanggungjawab dari Pokja AMPL Nasional namun juga seluruh stakeholders AMPL demi masyarakat bisa mendapatkan akses air dan sanitasi layak. Mari bergabung dalam KM AMPL, pastikan pengetahuan dan pembelajaran Anda semua ada di situs ini, dan pastikan situs AMPL bermanfaat bagi Indonesia. (Indriany)

Share