Hari Peduli Sampah Nasional - Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020

22 Februari 2016
Dibaca : 1563 kali

Menjaga lingkungan sehat tentu menjadi kewajiban kita semua demi hidup yang lebih baik di masa depan. Pemerintah maupun masyarakat tentu berperan besar dalam hal ini. Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2016 kemarin, sebanyak 801 komunitas dari 155 kota/kabupaten di 34 provinsi bergerak bersama membersihkan sampah dalam Kerja Bakti Nasional. Gerakan yang dimotori sekumpulan relawan muda ini mampu menggerakkan masyarakat dari Aceh sampai Papua untuk mewujudkan Indonesia Bebas 2020.

Pemerintah menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada 2020 mendatang. Hari Peduli Sampah pun dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R (reduce, reuse and recycle) dalam pengelolaan sampah. “Indonesia bersih, impian kita semua. Ayo bergerak, ayo gotong-royong bersihkan lingkungan dari sampah,” ujar Presiden Joko Widodo melalui akun twitter nya @Jokowi.

Pada saat yang bersamaan pula dilakukan deklarasi Indonesia Bebas Sampah 2020 yang akan disampaikan oleh komunitas masyarakat peduli sampah, pengusaha serta pemerintah kota/kabupaten. Perwakilan relawan Bergerak Untuk Indonesia #BebasSampah2020, Syir Asih Amanati mengatakan dengan kerjasama dari seluruh pihak maka Indonesia Bebas Sampah 2020 bukanlah sesuatu hal yang mustahil untuk diwujudkan.

 

 

 

“Ini sungguh sebuah sejarah kebangkitan kepedulian akan isu persampahan,” ujar Syir.

Di Jakarta, hari Peduli Sampah Nasional diramaikan oleh ribuan warga yang melakukan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI. Para warga turun ke jalan dengan berbagai aksi yang dilakukan seperti berkampanye buang sampah pada tempatnya, memunguti sampah yang terlihat dan membuangnya ke dalam kantong plastik, dan sebagainya. (Rini Harumi/Berbagai Sumber)

Share