Malam Puncak Kegiatan High Five Berlangsung Meriah

04 April 2014
Dibaca : 969 kali

 

Kemeriahan acara penutupan kegiatan High Five malam kemarin begitu terasa. Pasalnya, sejak memasuki tempat berlangsungnya acara sejumlah lukisan dan foto hasil karya para warga telah terpasang menghiasi jalan masuk menuju ruangan, selain itu di sisi kanan beberapa hasil karya para finalis lomba TTG STBM juga ditampilkan untuk menambah kemeriahan acara.

Selain itu, hal menarik lainnya ialah sebelum memasuki ruangan, para tamu undangan dipersilahkan  untuk memilih souvenir yang diinginkan, diantaranya ada gantungan kunci dan pin yang dilengkapai dengan desain dan kata-kata menarik di dalamnya.

Sekadar Informasi High Five adalah program yang bertujuan untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku higien dan sanitasi, khususnya di daerah perkotaan. Implementasi program ini telah dilaksanakan selama 3 tahun di tiga kota yaitu Medan, Surabaya, dan Makassar.

Sebagai puncak dari kegiatan implementasi, High Five menggelar acara “High Five Culmination Ceremony” pada Kamis (03/04) lalu.  Acara yang bertempat di UOB Plaza Thamrin, High Five mengangkat tema “STBM to prosperity, from us to everyone”. Di mana, acara tersebut dihadiri oleh Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian PU, USAID, para mitra STBM serta private sector yang turut berkontribusi dalam pembangunan sektor air minum dan sanitasi.

Dalam sambutannya, Mission Director USAID, Derrick Brown, menyatakan apresiasi yang besar kepada seluruh pihak yang turut mendukung suksesnya program High Five dalam implementasi STBM di kawasan perkotaan tersebut. Model implementasi yang telah High Five lakukan sejauh ini diharapkan dapat diteruskan dan dikembangkan oleh para pelaku STBM yang lain, meskipun program pilot High Five telah berakhir.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas, Nugroho Tri Utomo menegaskan bahwa STBM sebagai salah satu program yang mendukung Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman, tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Dukungan dari berbagai pihak, terutama donor, para mitra dan private sector mutlak diperlukan dalam pencapaian target univesal acces di tahun 2025.

Dalam kesempatan tersebut, Nugroho juga sangat mengapresiasi implementasi program High Five selama 3 tahun ini.

Selain dari Direktur Perkim, Bappenas, apresiasi terhadap kinerja High Five juga disampaikan oleh Direktur Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Wilfreid H Purba.

Menurutnya, pihaknya sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan High Five dalam menjalankan program STBM ini. “Harapannya, walaupun High Five telah berakhir, namun semangat High Five dapat terus membara, sehingga target untuk mencapai 100% akses di sektor air minum dan sanitasi pada 2019 mendatang dapat dicapai,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan pegumuman pemenang finalis TTG STBM dan acara lelang, yang nantinya dana hasil lelang tersebut akan disumbangkan pada Pokja STBM yang ada di Medan, Surabaya, dan Makasar. Nuri Hidayati/Cheerli

Share