Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Menyingkap Realitas Lapangan - Meta Fasilitasi Bagi Pekerja Pembangunan Masyarakat
Peluncuran Buku

21 Maret 2016
Dibaca : 1077 kali

Pekerjaan yang mulia namun tidak mudah. Begitulah gambaran untuk para fasilitator pembangunan masyarakat. Seorang fasilitator harus mampu memahami cara pandang masyarakat serta menampung permasalahan yang ada dan juga memberikan solusi yang konkrit serta tepat guna bagi masyarakat tersebut.

Dalam peluncuran buku “Menyingkap Realitas Lapangan – Meta Fasilitasi Bagi Pekerja Pembangunan Masyarakat”, Nobuaki Wada selaku penulis buku ini menceritakan pengalamannya bersama dengan Toyokazu Nakata (co-writer) dalam mendukung fasilitator pembangunan masyarakat seperti yang ia lakukan di Indonesia.

“A facilitator is same as a doctor. You are there to help your patients.

It appears very ridiculous if you come to a doctor and the doctor asks you “what is your problem? Why do you sick?”

If I knew my problem then I I would not go to the doctor.

Instead of asking what is your problem or what are you going to do, they should asked you what you eat this morning? Where do you feel the pain?

As a facilitator , we have to asked concrete (fact) questions”

Nobuaki Wada juga menyarankan agar para fasilitator tidak mengeluarkan pertanyaan “Mengapa?” atau “Bagaimana?” karena pertanyaan tersebut seringkali berujung pada jawaban yang berupa alasan-alasan (excuses). Sebaliknya, pertanyaan yang diajukan seharusnya dapat memberikan fakta yang pada akhirnya mengungkapkan permasalahan sebenarnya.

Saat ini buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam 3 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Parsi (Iran), dan juga Indonesia, serta akan segera diterjemahkan ke dalam bahasa Nepal dan Prancis.

Acara peluncuran buku tersebut dihadiri oleh perwakilan pemerintah dari Bappenas, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI, Pemerintah Daerah dan beberapa instansi terkait seperti WSP, IUWASH, Kalyanamitra, PKPU, JICA, Simavi, AFSI, Mura no Mirai, dan masih banyak lagi.

Hal menarik lainnya dari acara tersebut adalah setiap peserta pada akhir acara diminta untuk menuliskan beberapa kata yang merangkum apa yang mereka dapatkan dari acara tersebut. Selanjutnya, rangkuman tersebut dirangkai menjadi bait-bait lagu yang dikomposisikan oleh Ferry C.

Sebagai penutup acara, lagu yang diciptakan pada malam itu dinyanyikan bersama oleh para peserta sebagai persembahan untuk para fasilitator pembangunan masyarakat yang ada di Indonesia.

Berikut ini adalah cuplikan lirik lagu yang diciptakan pada acara peluncuran buku “Menyingkap Realitas Lapangan – Meta Fasilitasi Bagi Pekerja Pembangunan Masyarakat”

Aku sadar aku paham

Aku tidak tahu apa-apa

Harga diri sangatlah mahal

Bagi bangsa kita yang besar

 

Berhentilah meminta-minta

Karena bekerja lebih mulia

Jangan banyak bicara ayo kerja

Memahami problematika di sekitar kita

 

Mari bersama

Kita bergerak

Untuk berubah demi Indonesia

 

(Dewi S)

 

Share