Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resume Buku mengenai STBM dan Sanitasi Sekolah

07 Februari 2018
Dibaca : 165 kali

1.     Buku 100% Kerja untuk Kejar 100%

Tersisa sedikit waktu lagi bagi Indonesia untuk mengejar target Universal Akses tahun 2019. Pada akhir tahun 2019 diharapkan semua masyarakat Indonesia memiliki 100% akses layanan air minum, 0% kawasan kumuh, dan 100% akses layanan sanitasi. Pencapaian target ini membutuhkan komitmen dan kerja keras dari para penggiat pembangunan sanitasi dari berbagai tingkatan sampai kepada pelaku-pelaku lapangan yang menggerakkan masyarakat untuk dapat memiliki sanitasi yang lebih baik.

Buku 100% Kerja untuk Kejar 100% merupakan kumpulan pengalaman dan kisah Fasilitator Program WASH dukungan UNICEF dalam kerja-kerja AMPL di berbagai Provinsi dan Kabupaten daerah dampingan dalam rangka berkontribusi pada capaian Universal Akses. Praktik-praktik baik dalam kerja kolaborasi antar mitra, pendekatan dengan tokoh agama dan masyarakat, membuka sekat birokrasi, sampai meyakinkan masyarakat untuk mau memiliki perilaku hidup bersih dan sehat, tertuang dalam buku ini dengan bahasa yang ringan untuk dapat berguna sebagai pembelajaran bagi para penggiat pembangunan sanitasi.

Link buku : Buku 100% Kerja untuk Kejar 100%

2.     Panduan Penyusunan Strategi Sanitasi Sekolah

Indonesia memiliki kurang lebih 25 Juta murid Sekolah Dasar yang merupakan investasi besar untuk perubahan perilaku di masa mendatang ke arah generasi sehat dan berkualitas. Sanitasi di sekolah yang memperhatikan ketersediaan infrastruktur, pendidikan hidup bersih dan sehat, serta manajemen berbasis sekolah merupakan kunci untuk dapat menciptakan generasi peduli sanitasi.

Atas dasar tersebut, Kelompok Kerja AMPL Nasional dibawah Bappenas bersama dengan PPSP dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun panduan dokumen perencanaan srtategis pembangunan sanitasi sekolah agar setiap SD/MI baik negeri maupun swasta dijamin untuk dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat melalui perencanaan yang matang dan terinternalisasi dalam perencanaan-perencanaan sanitasi Kabupaten/ Kota seperti Dokumen SSK.

Link buku : Panduan Penyusunan Strategi Sanitasi Sekolah


3.     Roadmap Sanitasi Sekolah

Sebagai komitmen dalam mendorong pencapaian target pembangunan sanitasi baik yang tercantum pada RPJMN maupun SDGs khususnya goal 4.a yaitu ketersediaan akses pada sumber air layak, fasilitas sanitasi dasar per jenis kelamin, dan fasilitas cuci tangan di sekolah, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan roadmap atau peta jalan sanitasi sekolah pada tahun 2017.

Roadmap sanitasi sekolah ini merupakan dokumen komprehensif sanitasi sekolah yang dapat menjadi rujukan berbagai pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal Kemendikbud untuk dapat melakukan kontribusi terhadap program sanitasi sekolah. Baseline sanitasi sekolah di berbagai jenjang pendidikan, konsep sanitasi, serta strategi pengembangan sanitasi sekolah termasuk didalamnya beragam kegiatan percontohan dapat menjadi ide dalam merumuskan program sanitasi sekolah.

Link buku : Roadmap Sanitasi Sekolah

 

4.     Profil Sanitasi Sekolah

Disadur dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun Profil Sanitasi Sekolah tahun 2017. Dalam profil disajikan data awal Sanitasi Sekolah sesuai dengan beberapa indikator utama SDGs tujuan 4.a yang tekait dengan ketersediaan sanitasi di sekolah, antara lain; akses pada sumber air yang layak, fasilitas jamban yang berfungsi dan terpisah antara laki-laki dan perempuar, serta akses terhadap sarana cuci tangan dengan ketersediaan sabun.

Seluruh pemangku kepentingan dan lembaga yang terkait dapat merujuk pada Profil Sanitasi Sekolah ini untuk dapat mengalokasikan sumber daya dalam rangka mempercepat tercapainya kondisi Sanitasi Sekolah yang layak pada tahun 2030 sesuai dengan tahun pemenuhan target SDGs. 

Link buku : Profil Sanitasi Sekolah

Share