Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Panduan Pelatihan Dokter Kecil "Promosi Kesehataan Untuk Sekolah Dasar", Kumpulan Modul Kegiatan Pembelajaran Promosi Kesehtan di Sekolah Dasar November 2011

11 Agustus 2014
Dibaca : 4152 kali

Wash in School Empowerment (Wise)
Jakarta : Care International Indonesia, 2011
xiii, 82 hal + diagram; 30 cm

Kebersihan merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan baik kesehatan lingkungan maupun kesehatan perorangan.  Untuk itu, memperkenalkan kebersihan sejak dini pada anak sangat diperlukan. Salah satu cara yang digunakan yaitu dengan  adanya program dokter kecil di sekolah seperti yang dilakukan oleh Wash in School Empowerement (Wise).  Dalam program ini terdapat  elemen penting yang harus selalu dilaksanakan yaitu memaksimalkan peran dokter kecil agar terjadi perubahan perilaku hidup bersih dan sehat bagi para siswa Sekolah Dasar.

Para dokter kecil ini bertugas untuk menyampaikan pesan-pesan higinitas, mengajak teman-temannya untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta menjadi panutan/teladan bersih dan sehat bagi siswa Sekolah Dasar lainnya.

Untuk menunjang pelaksanaan program dokter kecil dalam menjalankan peran dan fungsinya di sekolah, maka disusunlah buku panduan bagi para fasilitator yang akan melakukan pelatihan bagi para dokter kecil.

Panduan pelatihan ini bisa dipergunakan oleh fasilitator yang berasal dari Staff Puskesmas, Staff Dinas Kesehatan, Staff Dinas Pendidikan, Guru pengajar sekolah yang menfasilitasi pelatihan dokter kecil dan fasilitator pelatihan pendidik sebaya yang menfasilitasi kegiatan pendidik sebaya.

Dengan pemaparan yang lengkap terkait metode pembelajaran yang aktif, kreatif,  efektif, dan menyenangkan para siswa yang mengikuti, diharapkan buku ini dapat menjadi bacaan dan paduan yang efektif bagi pelaksanaan dokter kecil di lingkungan sekolah. Eka Subiyanti

Share