Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Pengolahan Limbah Got sebagai Peluang Usaha

27 Oktober 2014
Dibaca : 2020 kali


Mutawakil
Jakarta: Penebar Swadaya, 2006
51 hal

Ketidakdisiplinan dalam hal kebersihan dapat menimbulkan permasalahan dalam masyarakat. Salah satunya adalah ketidakdisiplinan dalam pembuangan sampah. Jika hal ini tidak ditangani secara bijaksana maka akan menimbulkan permasalahan pencemaran lingkungan seperti timbulnya bau, lalat yang beterbangan, gangguan kesehatan, tertutupnya saluran got, hingga menghambat aliran air yang bisa menyebabkan banjir.

Dalam menanggulangi hal diatas masyarakat perlu dimotivasi bahwa kebersihan lingkungan bukan hanya untuk kepentingan lingkungan sendiri tetapi akan berdampak kepada lingkungan lain disekitarnya. Untuk itu, diperlukan pendekatan kepada masyarakat baik melalui penyuluhan atau cara lainnya yang terkait pengetahuan tentang limbah.

Dalam buku ini Mutawakil berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang penanganan sampah dan limbah khususnya limbah got. Dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna dipaparkannya peluang usaha pengolahan limbah got, aneka produk dari limbah got, peluang pasar produk limbah dan analisis usaha pengolahan limbah got yang memberi gambaran besarnya investasi yang perlu disediakan, besarnya biaya produksi dan bisa memperkirakan usaha ini dapat menguntungkan atau tidak.

Tidak ketinggalan pula dijelaskan secara terinci bahwa sebelum melalui tahap pemprosesan, limbah got ini dipilah terlebih dahulu sesuai dengan jenisnya, yang kemudian diproses menjadi bahan baku  pasir untuk membuat batako/paving blok, lumpur untuk membuat media tanam dan air got untuk diolah menjadi pupuk cair.  Untuk memperlancar proses ini diperlukan sarana dan prasarana penunjang diantaranya berupa mesin pres untuk pembuatan batako/paving blok, saringan material, sekop, cangkul, sendok semen, ember, gerobak, pompa air, terpal, tangkai pembuat pupuk cair dan sarung tangan. 
Eka Subiyanti

Share