Percik 2016



Buku : Kita Bisa



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga






Daftar milis_ampl


Resensi : Pengelolaan Sampah

23 Desember 2014
Dibaca : 3159 kali


Hilarion Widyatmoko
Jakarta: Universitas Trisakti, 2011
xii, 138 h + gambar + tabel; 23 cm

Undang-Undang nomor 18 tahun 2008 menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. 

Sampai saat ini, sampah masih menjadi masalah bagi sebagian besar daerah di Indonesia. Pertambahan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi dan kecepatan teknologi dalam menyediakan barang secara berlimpah menjadi faktor pencetus permasalahan sampah. Untuk mengatasinya diperlukan kemampuan teknologi produksi ramah lingkungan, teknologi daur ulang dan sikap non konsumtif.

Tingkat kemakmuran, struktur dan pola hidup seseorang sangat berpengaruh pada komposisi dan jumlah timbulan sampah yang dihasilkannya. Untuk itu cara pencegahan sampahnya pun berbeda-beda.

Hilarion Widyatmoko dalam bukunya pengelolaan sampah mengajak pembacanya untuk bijak dalam pengelolaan sampah. Diawali dengan paparan ringkas terkait dengan pengertian timbulan sampah yang disertai dengan sistem pengumpulan sampahnya.

Disisi lain secara gamblang dipaparkan cara pengolahan sampah. Sampah dapat diolah untuk menghasilkan bahan baku melalui pemilahan, pengomposan pengepakan sebagai bahan bakar dan pyrolisisi untuk menghasilkan energi. Disamping itu sampah pun dapat di daur ulang dengan menggunakan cara 3R yang dirangkum dalam satu simbul gambar siklus panah membentuk segitiga. Pengolahan lainnya adalah sampah yang di fermentasi hingga menjadi biogas.

Yang tidak kalah pentingnya dalam pengelolaan sampah ini yaitu tempat pembuangan akhir dan biaya untuk pengelolaan sampah baik untuk operasional, perawatan (maintenance), investasi dan umur perangkat.

Untuk memperjelas paparan, Hilarion melengkapi bukunya dengan diagram, tabel dan gambar-gambar selain Undang-Undang nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Eka Subiyanti

Share