Article - Pustaka


Resensi : Petunjuk Pelaksananaan, Tugas Pembantuan Kegiatan Penyehatan Lingkungan Program Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tahun Anggaran 2012

May 01, 2014
Dibaca : 1501 kali

Dalam rangka percepatan pencapaian tujuan Millenium Development Goals (MDGs) target 7c  yaitu menurunkan hingga separuh dari proporsi penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi pada tahun 2015.


Resensi : Buku Pulau Ende Kisah Sukses Pulau Pertama Indonesia Yang Terbebas dari BABS

April 10, 2014
Dibaca : 2404 kali

Pulau Ende memang unik. Pertama, seratus persen penduduknya beragama Islam, padahal penduduk NTT mayoritas beragama Katolik. Kedua, di Pulau ini, nyaris tidak ada air tawar. Sebagian besar sumur di pulau ini menghasilkan air payau. Keunikan yang ketiga adalah hanya ada sepeda motor sebagai alat transportasi di dalam pulau. Semua warga berjalan kaki dan naik sepeda motor untuk menjalankan aktifitasnya.


Resensi : Buku Bergerak Bersama Dengan Strategi Sanitasi Kota

April 10, 2014
Dibaca : 1367 kali

Belajar dari pengalaman, permasalahan sanitasi tidak dapat dilakukan secara parsial. Adanya perencanaan yang tumpang tindih, tidak tepat sasaran, dan tidak berkelanjutan merupakan potret buram dari masa lalu. Sanitasi harus ditangani secara multistakeholder dan komprehensif. Siapapun yang terkait dalam penyediaan layanan sanitasi di kota, harus dilibatkan secara aktif. Selain itu, pembangunan sanitasi jangan hanya ditekankan pada pembangunan sarana fisik. Ada hal lain yang perlu dilakukan agar sarana tersebut bermanfaat secara berkelanjutan.


Resensi : Mengolah Air Kotor untuk Air Minum: Memperoleh Air Bersih Dengan Teknologi Sederhana

April 09, 2014
Dibaca : 5812 kali

Air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Manusia dan mahluk hidup lainnya memerlukan banyak air untuk kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu ketersediaan air baik dari segi kualitas maupun kuantitas mutlak diperlukan.


Resensi : Sumberdaya Air dan Kesejahteraan Publik: suatu Tinjauan Teoritis dan Kajian Praktis

March 17, 2014
Dibaca : 1654 kali

Air merupakan sumber kebutuhan dasar kehidupan yang diperlukan tidak hanya oleh manusia akan tetapi oleh semua mahluk hidup yang ada didunia ini.  Hari demi hari pasokan air dirasakan berkurang dikarenakan perilaku manusia yang secara disadari maupun tidak sudah merusak lingkungan.