Biogas Energi alternatif pengganti BBM, Gas, dan Listrik

Pengarang:Sri Wahyuni
Penerbit:Jakarta : AgroMedia Pustaka, 2013
Halaman:vi, 118 hal ; 23 cm
No. Klasifikasi:665.776 Wah b
Kata Kunci:Biogas, krisis energi, kotoran ternak, fermentasi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No Telp.(021) 31904113
Kategori:Buku

Krisis energi yang terjadi akhir-akhir ini telah menuntun untuk dilakukan inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk menemukan sumber energi baru yang terbarukan. Selain itu, sumber energi baru tersebut diharapkan berbiaya terjangkau serta tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.

Salah satu inovasi dari pengembangan energi alternatif adalah biogas. Biogas merupakan salah satu jenis energi yang terbentuk melalui proses fermentasi bahan-bahan limbah organik, seperti kotoran ternak, sampah organik, serta bahan-bahan lainnya oleh bakteri metanogenik dalam kondisi anaerob (tanpa oksigen).

Selain dapat mengatasi masalah lingkungan, biogas yang dihasilkan dari pengelolaan limbah kotoran ternak juga menjadikan peternakan mandiri energi, sehingga menghemat biaya pemeliharaan hewan ternak. Jika bahan baku pembuatan biogas sudah tidak dapat menghasilkan gas lagi, sisanya dapat dijadikan produk sampingan seperti pupuk organik padat dan cair. Oleh petani, pupuk tersebut dapat digunakan sendiri maupun dijual lagi sehingga menambah pendapatan.



Post Date : 19 Desember 2014