Kekeringan

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 68 data

Air Sulit Didapat

PURBALINGGA - Memasuki musim kemarau September ini, kekeringan menghantui sebagian wilayah di Purbalingga. Warga di beberapa daerah terutama di wilayah utara mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Kekeringan Mulai Melanda

BLORA, KOMPAS — Kekeringan akibat kemarau mulai melanda sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Dampaknya, tidak hanya pada areal sawah dan sumber mata air, tetapi juga kesehatan manusia akibat debu dan sengatan matahari, bahkan bahaya kebakaran.

Mulai Membawa Botol Sampai Gentong Besar

Musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan di sejumlah daerah di Kabupaten Cirebon ternyata dapat memunculkan aktivitas baru bagi masyarakat.Mereka selalu antre air.

Warga Lereng Merapi Terpaksa Beli Air

YOGYAKARTA, KOMPAS - Petani di lereng Gunung Merapi semakin kekurangan air. Untuk menyirami tanaman, mereka terpaksa membeli air. Kondisi ini sebagai dampak dari kekeringan berkepanjangan.

Musim Kemarau- Warga Mulai Manfaatkan Air Sungai

SEMARANG Musim kemarau yang tak kunjung berakhir membuat sejumlah sumur warga di Kelurahan Rowosari, Tembalang, Kota Semarang mengering.

Kekeringan Ancam Jawa dan Bali

VIVAnews - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan adanya perubahan pola curah hujan di Indonesia. Salah satu dampaknya, curah hujan di Pulau Jawa semakin berkurang.

Debit 182 Sumber Air Menurun

SLEMAN Memasuki musim kemarau, debit air di 182 sumber mata air di Sleman mengalami penurunan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mengharapkan masyarakat, khususnya petani mengatur pengelolaan air.

Hujan Belum Merata, Krisis Air Masih Meluas

SURABAYA, KOMPAS - Hujan yang terjadi selama beberapa hari terakhir belum merata. Akibatnya, krisis air masih mendera di berbagai daerah. Di Jawa Timur, misalnya, pemerintah setempat menyiapkan dana Rp 13 miliar untuk desa yang mengalami kekeringan.

15 Sumur Dangkal untuk Atasi Kekeringan

CIREBON, KOMPAS - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung telah membangun 15 sumur dangkal untuk mengatasi ancaman kekeringan di 15 desa di Cirebon, Indramayu, dan Majalengka. Namun, jumlah itu masih dinilai kurang karena wilayah rawan kekeringan mencakup 40 persen luas tiga kabupaten tersebut.

Warga Mulai Menderita Gizi Buruk

Waingapu, Kompas - Warga Desa Wunga, Kecamatan Hahar, Kabupaten Sumba Timur, salah satu dari 140 desa yang gagal panen tahun ini di Nusa Tenggara Timur, mulai menderita gizi buruk.

Kekeringan di NTT Meluas

BENCANA kekeringan me- luas ke Kabupaten Timor Te- ngah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebelumnya, ribuan petani di Kabupaten Sumba Timur didera krisis pangan karena gagal panen.

33 Kecamatan di NTT Terancam Rawan Pangan

Kupang, Kompas - Hampir semua kabupaten di Nusa Tenggara Timur kekeringan akibat hujan tidak merata. Sejauh ini, 33 kecamatan di tiga kabupaten telah melapor terancam rawan pangan ke Badan Penanggulangan Bencana Provinsi. Diperkirakan 49.768 keluarga (248.840 jiwa) penduduk terkena dampak kekeringan itu

Bantuan Rp 90 Miliar untuk Tanggulangi Kekeringan

Banyumas, Kompas - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengucurkan dana sampai Rp 90 miliar untuk menanggulangi kekeringan di 360 desa di Jawa Tengah. Dana itu untuk pembangunan sumur dan tempat penampungan air.

2025, Pulau Jawa Mengering

PULAU Jawa dengan luas 7% dari total daratan wilayah Indonesia kini hanya memiliki potensi air tawar 4,5% dari total nasional. Hal itu dikemukakan dalam orasi pengukuhan profesor riset bidang hidrologi dan konservasi tanah pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) M Ikhwanuddin Mawardi

Cadangan Air Tanah di Tiga Kecamatan Menipis

TIGA kecamatan di Kota Bekasi masuk dalam kategori zona merah karena cadangan air tanahnya yang semakin menipis. Ketiga kecamatan tersebut yakni Kec. Bekasi Utara, Medan Satria, dan Bekasi Barat. Karena masuk zona merah, ketiga daerah itu sangat rawan terhadap kekeringan dan intrusi atau merembesnya air laut

Tanaman Padi Terancam Kekurangan Air

NGAWI, KOMPAS - Sebagian sawah di empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Ngawi terancam kekurangan air. Areal persawahan ini tidak terjangkau oleh sumur-sumur pompa di areal pertanian akibat mengecilnya debit air di sumur-sumur pompa tersebut.

Warga Manfaatkan Air Hujan

KARAWANG, (PR).- Warga Kampung Baregbeg Desa Wanasari Kecamatan Telukjambe Barat Kab. Kara-wang terpaksa memanfaatkan air hujan yang menggenang di Sungai Cibaregbeg yang mengering selama musim kemarau lalu. Mereka menggunakannya untuk kebutuhan mencuci, mandi, bahkan memasak. Sementara itu, untuk kebutuhan air bersih, mereka membeli air dalam galon

Gunung Kidul Kering, Sultan Minta Maaf

Wonosari, Kompas - Masalah kekeringan di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, belum terselesaikan. Untuk itu, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X meminta maaf dan mengharapkan swadaya masyarakat untuk mengatasi masalah air

Cirebon Andalkan Air dari Kuningan

Cirebon, Kompas - Kekeringan di pantai utara Jawa Barat makin parah. Warga desa mulai membeli air untuk kebutuhan minum dan memasak. Mereka juga memakai air sumur pantek di bekas persawahan dan saluran irigasi untuk mandi dan mencuci.

Sumur Warga Mulai Kering

ndramayu, Kompas - Kekeringan kini mulai dirasakan warga di wilayah pesisir pantura Jawa Barat. Dalam sebulan ini sebagian sumur milik mereka kering. Mereka pun terpaksa mengambil air di sumur yang masih ada airnya. Kekeringan di antaranya melanda Kecamatan Talun dan Gegesik di Kabupaten Cirebon serta Kecamatan Krangkeng dan Karangampel di Kabupaten Indramayu. Sebagian wilayah itu belum dialiri air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
Prev 1 2 3 4Next

Terpopuler di Kekeringan

Kekeringan Mulai Melanda

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Kekeringan

Cirebon Andalkan Air dari Kuningan

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Kekeringan

Air Sulit Didapat

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Kekeringan

2025, Pulau Jawa Mengering

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Kekeringan

Musim Kemarau- Warga Mulai Manfaatkan Air Sungai

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Kekeringan




Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl