Lingkungan

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 139 data

Jutaan ton sampah di samudera Pasifik lenyap secara misterius

Selama berpuluh-puluh tahun, penelitian membuktikan jika sampah-sampah manusia mengalir menuju lautan dan samudera di dunia. Bahkan, seluruh sampah tersebut mampu membentuk sebuah pulau, namun penelitian terbaru menunjukkan keanehan pada pulau sampah yang terletak di samudera Pasifik itu.

Lindungi Sungai dan Mata Air

GRESIK, KOMPAS — Hari Bumi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, diperingati dengan membersihkan sungai dari sampah. Di Wringinanom, sejumlah siswa dan aktivis lingkungan menyusuri Kali Surabaya dan menyingkirkan sampah di sungai.

Demi Air, Karst Jangan untuk Tambang

JAKARTA, KOMPAS — Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto menekankan agar klausul budidaya dalam rencana Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Karst bukan untuk tambang. Eksploitasi karst berpotensi menghancurkan ekosistem karst yang salah satu fungsinya sebagai cadangan air.

Lestarikan Sumber Air Melalui Penghijauan

KUPANG, KOMPAS — Daerah tangkapan air 450 mata air di 60 desa di 6 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur dihijaukan untuk menjaga dan melestarikan kelangsungan sumber air baku. Penghijauan diprioritaskan di desa-desa yang selama ini rawan air bersih pada musim kemarau.

35 Daerah Aliran Sungai di Jateng Kritis

SEMARANG, KOMPAS — Dari 128 daerah aliran sungai di Jawa Tengah, 35 berada dalam kondisi kritis dengan enam di antaranya dalam kondisi sangat kritis dan mendesak untuk ditangani. Hampir semua daerah aliran sungai yang kritis memiliki permasalahan sama, yaitu perubahan tata kelola lahan di hulu hingga daerah-daerah di sepanjang aliran sungai.

Jawa Terendam Sudah Diprediksi

JAKARTA, KOMPAS — Bencana hidrometeorologis banjir, rob, dan tanah longsor di banyak daerah yang merendam sebagian wilayah Jawa saat ini sebenarnya sudah diperkirakan. Alih fungsi lahan dan kepadatan penduduk membuat daya dukung dan daya tampung lingkungan Jawa terlampaui.

Sungai Citarum Sudah Salah Urus

BANDUNG, KOMPAS — Selama bertahun-tahun, Sungai Citarum di Jawa Barat telah salah urus. Tidak adanya koordinasi antarlembaga membuat berbagai program penanganan Citarum, baik bidang infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat, belum membawa perubahan signifikan. Bahkan, pencemarannya termasuk 10 terburuk di dunia.

Rawat Sumber Air Melalui Tradisi

TASIKMALAYA, KOMPAS — Masyarakat Jawa Barat diajak memperhatikan pelestarian sungai dan mata air melalui sajian tradisi seni budaya. Tujuannya agar sumber air tidak memicu banjir saat musim hujan atau menghilang kala kemarau datang.

Lindungi Karst, Selamatkan Kehidupan

DI dalam perut bumi di bawah Pegunungan Sewu tersimpan sumber kehidupan berupa mata air dan sungai bawah tanah. Warga Giriwoyo yang tinggal turun-temurun di salah satu penggalan deretan pegunungan ini bertekad mempertahankan lingkungan itu dari eksplorasi tambang demi kelestarian wilayah itu.

Perlu Perlindungan Cegah Defisit Air

JAKARTA, KOMPAS — Kawasan karst yang salah satu fungsinya menyimpan dan menjaga cadangan air bagi ekosistem dan masyarakat terancam aktivitas penambangan. Hal itu juga terjadi di Pulau Jawa yang dalam berbagai penelitian disebutkan telah mengalami defisit air.

159 Mata Air Terancam

BANDUNG, KOMPAS — Sebanyak 159 mata air dalam radius 10 kilometer dari hulu Sungai Citarum di kaki Gunung Wayang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terancam sehingga mendesak dilestarikan. Mata air-mata air tersebut mulai kehilangan kawasan penyangga hijau dan tercemar akibat alih fungsi lahan.

Pengelolaan Air Tanah Metode Biopori Diperkenalkan

Komunitas Konservasi Indonesia Warsi Jambi memperkenalkan kepada warga tentang pengelolaan air tanah dengan metode biopori.

Belasan Ribu Warga Ikut 'Diponegoro Bersih'

Canangkan gerakan ‘Diponegoro Bersih’ seluruh jajaran Kodam IV/Diponegoro turunkan 4.433 anggota TNI untuk melaksanakan gerakan bersih lingkungan di tengah masyarakat. Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo menginstruksikan seluruh Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro untuk ikut kegiatan bakti lingkungan ini.

Dirintis, Pola Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu

Jakarta, Kompas - Kerusakan lingkungan di hulu daerah aliran sungai memicu bencana longsor dan banjir di sejumlah daerah, termasuk di DAS Citatih Sukabumi. Upaya rehabilitasi dilakukan dengan membangun Pusat Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di DAS itu.

Masyarakat Belum Peduli Lingkungan

INDEKS Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan menyebutkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungan rendah.

Hutan Bakau Terganggu Sampah

JAKARTA, KOMPAS - Pertumbuhan bakau di Suaka Marga Satwa Muara Angke, Jakarta, terganggu sampah. Plastik bekas kemasan makanan dan kantong plastik dari Kali Adem yang berjarak 2 meter dari Suaka Marga Satwa menutupi akar bakau. Akibatnya, tanaman bakau yang masih muda mati.

Aceh Terancam Krisis

Banda Aceh, Kompas - Aceh akan menghadapi krisis lingkungan yang parah lima tahun mendatang jika tak ada langkah nyata dari Pemerintah Provinsi Aceh untuk melakukan konservasi lingkungan. Krisis di antaranya berupa ancaman meningkatnya banjir dan longsor, krisis air, hingga punahnya satwa khas Aceh.

Baru 23 Persen Daerah di Sumatera Punya Standar

Pekanbaru, Kompas - Berakhir tahun 2013, pelaksanaan program Standar Pelayanan Minimal Lingkungan Hidup di regional Pulau Sumatera masih sangat minim. Dari 151 kabupaten dan kota, baru 35 kabupaten/kota yang melaksanakan program di bawah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Adipura Belum Sentuh Masalah

Jakarta, Kompas - Pemberian penghargaan Adipura belum menyentuh akar masalah lingkungan di daerah. Komponen penilaian tidak meningkatkan pengawasan dan keberpihakan anggaran terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan yang menjadi kendala daerah.

Lahan Resapan Air di Puncak Kritis

BOGOR – Daerah resapan air di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor semakin kritis. Bila tak mendapat perhatian khusus, perubahan alih fungsi lahan di kawasan ini akan berdampak terhadap bencana alam yang terus-menerus
Prev 1 2 3 4 5 6Next

Terpopuler di Lingkungan

Lahan Resapan Air di Puncak Kritis

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Lingkungan

Masyarakat Belum Peduli Lingkungan

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Lingkungan

Pengelolaan Air Tanah Metode Biopori Diperkenalkan

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Lingkungan

Demi Air, Karst Jangan untuk Tambang

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Lingkungan

Saatnya Remaja Peduli Lingkungan

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Lingkungan




Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl