Privatisasi

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 15 dari 15 data

Water Privatization in Latin America and Brazil: Scenarios and Meanings

Pengarang : Luiz Fernando Novoa Garzon
Artikel ini terdiri dari beberapa pembahasan singkat mengenai isu privatisasi air di Amerika Latin dan Argentina, yaitu: (i) Arti pokok dari privatisasi air; (ii) Brazil dalam pandangannya tentang air; (iii) Kehausan kita dan mereka; (iv) Sanitasi untuk masyarakat, bukan untuk memperoleh keuntungan; (v) Air yang kita butuhkan:model untuk menggunakannya; (vi) Air bawah tanah, dan (vii) Keutamaan dari air mineral.

Pada akhir penulisan, disimpulkan bahwa jika air adalah suatu kondisi dan suatu kemungkinan bagi semua aktivitas manusia, maka memprivatisasi air akan menjadikannya jalan dalam mendapatkan keuntungan finansial dimana hal tersebut akan memaksa setiap orang untuk berpikir ulang dalam mengkalkulasi kebutuhannya akan air.

New Models for the Privatization of Water and Sanitation for the Urban Poor

Pengarang : Ana Hardoy
Ricardo Schusterman

Makalah ini menggambarkan pengalaman kerja penulis di permukiman liar di Buenos Aires, Argentina, dengan fasilitas yang telah diprivatisasi (Aguas Argentina) untuk melihat bagaimana penyediaan air dan sanitasi dapat memenuhi kebutuhan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, terutama mereka yang hidup di permukiman liar.

Di dalam makalah ini juga dijabarkan diskusi dari isu-isu kunci yang harus dipertimbangkan, contohnya yaitu ketika badan pemerintah bertanggung jawab terhadap privatisasi tersebut dalam merancang tender, kemudian elaborasi dari model-model yang berbeda mengenai bagaimana fasilitas swasta dapat menyediakan air dan sanitasi di permukiman masyarakat berpenghasilan rendah.

Water Supply and Sanitation in Sweden : A Public Trust

Pengarang : Mats Lannerstad, MSc
Di Swedia, penyediaan air minum dan pengelolaan air buangan, berdasarkan hukum, merupakan tanggung jawab pemerintah kota. Di bawah kontrol pemerintah kota dan dengan dukungan dari pemerintah pusat, konstruksi instalasi pengolahan air minum dan air buangan dilaksanakan selama kurun waktu 1960-1970an.

Tulisan ini mengetengahkan pendapat mengenai pro dan kontra dari isu privatisasi air minum dan air buangan di Swedia, bagaimana masyarakat Swedia (professional, akademisi, politisi, dan lainnya) memandang privatisasi di negara mereka. Untuk pihak yang kontra-privatisasi mereka berpendapat bahwa air bukan merupakan komoditi untuk mencari keuntungan, sedangkan pihak pro-privatisasi berpendapat bahwa motivasi mencari keuntungan akan mendorong operator swasta dalam pelayanannya sehingga menjadi lebih efesien dan meningkat kualitasnya.

A Guide For Divesting Government Owned Enterprise

Pengarang : Henry Gibbon
Pemerintahan pada semua tingkat di wilayah Amerika Serikat memiliki sendiri perusahaan swasta dalam beberapa bidang, seperti pelayanan listrik, air minum dan air limbah, fasilitas parkir, asuransi, hotel dan tempat pertemuan, pengiriman surat, dan lainnya.

Publikasi ini menyajikan beberapa metode penjualan yang telah dilakukan oleh Pemerintah AS dalam memprivatisasi perusahaan publik, diantaranya yaitu : (i) trade sale, dimana perusahaan dijual ke satu perusahaan atau konsorsium; (ii) penawaran publik ke bursa efek; (iii) penjualan ke manajemen atau karyawan perusahaan; dan (iv) penggantian dengan sekelompok investor.

Dalam tulisan ini juga dijelaskan beberapa pengalaman berharga dari gagalnya privatisasi di beberapa negara, seperti perusahaan pembangkit listrik di Inggris dan perusahaan Telecom di Portugal dikarenakan kurangnya pengalaman pemerintah dalam privatisasi.

Water Privatization: Is The Glass Half Full or Half Empty

Tulisan ini merupakan seri pedoman bagi pembaca yang ingin mengetahui dan berdiskusi tentang privatisasi dan sarana publik. Di dalamnya berisi informasi buku-buku, website, blog, makalah, dan artikel yang mengetengahkan issue tentang privatisasi.

Topik-topik diskusi juga diuraikan dalam tulisan ini, misalnya tentang: (i) apa keuntungan dan kerugian dari pengelolaan air oleh publik atau swasta; (ii) apakah harus ada perbedaan tariff dalam penggunaan air untuk permukiman, pertanian, atau industri (iii) apakah pembaca setuju dengan pernyataan air akan menjadi seperti minyak pada abad mendatang; dan (iv) apakah binatang, ikan, dan ekosistem memiliki hak yang sama seperti manusia dalam mengakses air

White Paper on Privatization


Water Privatization In Great Lake Region

Pengarang : -
Privatisasi air telah diterapkan di Amerika sejak tahun 1772, namun selama itu pula masih ada perdebatan apakah bentuk yang paling tepat dalam penyediaan dan pengelolaan air adalah privatisasi total, kerjasama antara publik-swasta, privatisasi sebagian (hanya beberapa pekerjaan sistem), atau seluruhnya dikerjakan oleh publik.

Beberapa studi kasus diterangkan dalam laporan ini, yaitu studi kasus di daerah Milwaukee, Indianapolis, dan Peoria. Dalam studi kasus yang dibeberkan masih juga terdapat ketidakjelasan apakah privatisasi adalah jalan terbaik dalam penyediaan air minum atau tidak. Hal ini disebabkan karena pada beberapa daerah timbul manfaat ekonomi dari beroperasinya perusahaan air minum, namun pada daerah lain justru terjadi kenaikan tarif dan pengurangan karyawan di perusahaan air minum.

Urban Water Conflicts
An Analysis of The Origins and Nature of Water-Related Unrest and Conflicts in The Urban Context

Pengarang : -

Water For Life: The Impact of The Privatization of Water Services on Child Mortality

Pengarang : Sebastian Galiani, Universidad de San Andres
Paul Gertler, University of California at Berkeley and NBER
Ernesto Schargrodsky, Universidad T


Water Privatization In Asia Pasific Region

Pengarang : -
Laporan ini mengetengahkan mengenai permasalahan privatisasi air di wilayah Asia Pasific, khususnya di negara-negara seperti Filipina, India, Thailand, Srilanka, Nepal, Malaysia, Bangladesh, Indonesia, Vietnam, dan Korea.

Dari pengalaman-pengalaman berharga yang didapat dengan adanya privatisasi, kesimpulan yang dijabarkan adalah bahwa justru banyak masyarakat miskin yang tidak dapat mengakses air bersih dikarenakan tingginya tarif air yang dibebankan kepada mereka. Air merupakan hak asasi manusia oleh karenanya privatisasi air harus dihentikan karena perusahaan air minum hanya mengambil untung tanpa memikirkan dampak lingkungan dari pengeksploitasian sumber-sumber air yang dimiliki oleh masyakarat.

Water Privatization in Ghana: Womens Right Under Siege

Pengarang : Rudolf Amenga-Etego
Makalah ini menjabarkan bagaimana proses privatisasi air di negara Ghana, isu kontraktual dan hukum, serta implikasi sosial dari privatisasi terhadap pekerja, perempuan, dan anak-anak. Pada akhirnya disimpulkan bahwa reformasi di bidang air haruslah ditujukan pada peningkatan perlindungan penuh pada hak untuk mendapatkan air yang siap minum oleh semua masyarakat.

Ini berarti bahwa air harus diidentifikasi sebagai benda sosial dan merupakan hak asasi manusia (human right) dan bukan hanya sekedar komoditas yang diperdagangkan dalam pasar bebas. Dalam menentukan mekanisme akses, reformasi harus juga mempertimbangkan kesetaraan perempuan dan hubungan yang kuat dalam keluarga, komunitas, dan negara.

Jakarta Water Supply:
How To Implement A Sustainable Process

Pengarang : Dr. Jing-sen Chang
Dr.Kusbiantoro
M. Kris Tutuko
Manfred Giggacher
Idris Maxdoni Kamil

Kumpulan makalah ini berisikan tulisan-tulisan mengenai isu air minum di Jakarta, diantaranya mengenai: pengembangan air minum, optimalisasi produksi dan distribusi air, partisipasi sektor swasta (privatisasi), konsesi air minum, dampak lingkungan terhadap keberlangsungan sistem penyediaan air minum, dan program investasi. Di akhir tulisan terdapat kesimpulan dari tulisan-tulisan yang disajikan.

Yang cukup menarik untuk diperhatikan adalah bagian terakhir dimana terdapat diskusi yang terdiri dari kumpulan pertanyaan dan jawaban para penulis mengenai beberapa permasalahan, seperti: badan regulator dalam penyediaan air minum di Jakarta, hukum dan perundangan air, lingkup administrasi, desentralisasi, aspek sosial dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, konsumsi air, serta program pembersihan sungai di Indonesia.

Water Privatization Fiascos:
Broken Promises & Social Turmoil

Pengarang : -

Outline : The Manila Water Privatization Fiasco And The Role Of Suez Lyonnaise/Ondeo

Pengarang : Carla A. Montemayor

Small-Scale Private Service Providers of Water Supply and Electricity
A Review of Incidence, Structure, Pricing and Operating

Pengarang : Mukami Kariuki
Jordan Schwartz


Terpopuler di Privatisasi





Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga






Daftar milis_ampl