Climate

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 214 data

Indonesia Siap Dorong Kelanjutan Protokol Kyoto

Jakarta, Kompas - Konferensi Perubahan Iklim PBB COP-18 di Doha, Qatar, akan menjadi ajang negosiasi alot untuk memastikan kelanjutan Protokol Kyoto. Indonesia bersama Putaran Kartagena siap menjadi penengah pada negosiasi yang sering kali berlarut itu.

Adaptasi Perubahan Iklim Tak Terintegrasi

Jakarta, Kompas - Sejumlah kegiatan adaptasi lingkungan terhadap dampak perubahan iklim tidak terintegrasi, bahkan ada yang tumpang tindih. Dewan Nasional Perubahan Iklim menargetkan Juli 2012 selesai mendata kegiatan adaptasi perubahan iklim di Indonesia.

Periode Kedua Protokol Kyoto Cerah

Durban, Kompas - Konferensi Perubahan Iklim PBB sampai tahap perundingan tingkat menteri. Proses negosiasi enam hari akan dipertaruhkan di meja pertemuan tingkat menteri ini untuk disetujui. Sejauh ini, nasib periode kedua Protokol Kyoto kian cerah.

Perlu Kesepakatan Mengikat Baru

Jakarta, Kompas - Inggris dan negara-negara Uni Eropa lainnya mendukung dilanjutkannya Protokol Kyoto ke periode kedua. Namun, Uni Eropa hanya bersedia meratifikasi apabila ada rezim lain untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang juga mengikat secara hukum bagi negara-negara non-Annex I. Protokol Kyoto diratifikasi tahun 1997 oleh negara-negara maju yang tergabung pada kelompok Annex-I.

Perkuat Adaptasi dan Perlindungan Sosial

Jakarta, Kompas - Dampak perubahan iklim dirasakan nyata oleh manusia di banyak negara. Di Indonesia, pemerintah didorong segera memiliki rencana adaptasi yang bisa diaplikasikan, termasuk program perlindungan sosial.

Keadilan Iklim Jauh dari Harapan

Jakarta, Kompas - Pertemuan persiapan Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Perubahan Iklim di Bangkok dinilai tak menunjukkan kemajuan berarti dan menjauh dari prinsip keadilan iklim. Target penurunan emisi oleh negara maju dikhawatirkan tak terpenuhi

Kementerian Sektoral Tumpuan Adaptasi

Jakarta, Kompas - Kementerian sektoral menjadi tumpuan upaya adaptasi perubahan iklim. Sementara Kementerian Lingkungan Hidup fokus mengkaji kerentanan dampak perubahan iklim dan membagikan hasil kajian kepada kementerian sektoral dan pemerintah daerah

Adaptasi Tingkat Akar Rumput Sangat Penting

Jakarta, Kompas - Adaptasi di tingkat akar rumput amat penting karena korban dampak perubahan iklim adalah individu-individu. Untuk menyosialisasikan adaptasi perubahan iklim agar dapat dipraktikkan oleh komunitas atau individu, organisasi lingkungan World Wildlife for Nature-Indonesia bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama menerbitkan buku tentang adaptasi perubahan iklim

Upaya Adaptasi Semakin Berat

Jakarta, Kompas - Kegagalan Pertemuan Para Pihak Ke-16 Kerangka Kerja PBB untuk Konvensi Perubahan Iklim di Cancun, Meksiko, mencapai kesepakatan mengikat soal kewajiban negara industri menurunkan emisi akan memperberat upaya Indonesia mengadaptasi perubahan iklim. Pertemuan di Cancun hanya sepakat untuk mengurangi emisi, tanpa menunjuk negara mana dan berapa emisi karbon yang harus diturunkan

2010 Tahun Terpanas

Cancun, Minggu - Tahun 2010 merupakan tahun terpanas di berbagai belahan dunia semenjak temperatur permukaan bumi dicatat pertama kali pada 1850 oleh Badan Meteorologi Dunia. Meski demikian, Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru berakhir di Cancun, Meksiko, belum berhasil mencapai kesepakatan baru mengenai upaya menghentikan terus meningkatnya pemanasan global

Pelepasan Karbon dari Lautan Bertambah

Jakarta, Kompas - Upaya mengurangi emisi gas rumah kaca di atmosfer harus segera dilakukan jika ingin menghindarkan percepatan pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak terkendali. Potensi tersebut meningkat karena pelepasan gas rumah kaca dari laut terus bertambah

Rehabilitasi Gambut Implementasi Termudah

Jakarta, Kompas - Rehabilitasi gambut menjadi salah satu implementasi termudah bagi upaya mitigasi perubahan iklim di sektor kehutanan. Mekanisme pengukuran, pelaporan, dan verifikasi yang dituntut negara-negara maju seharusnya mudah untuk diterapkan.

Melibatkan Pesawat dan Kapal

Kita senang dan merasa nikmat ketika melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Kita juga senang ketika berbelanja barang- barang impor dari luar negeri yang diangkut dengan kapal agar bisa sampai ke tangan kita

Amerika Serikat Ganjalan Protokol Kyoto

Cancun, Sabtu - Kebijakan Amerika Serikat tidak meratifikasi Protokol Kyoto telah mengganjal upaya untuk memperlama masa berlaku protokol itu. Kegagalan pertemuan tahun lalu di Kopenhagen, Denmark, membayangi pertemuan di Cancun, Meksiko, yang saat ini berlangsung.

Adaptasi Masyarakat Harus Didukung

Jakarta, Kompas - Dampak perubahan iklim, seperti cuaca ekstrem dan berkurangnya sumber air, membuat petani, nelayan, dan warga yang tinggal di kawasan hutan mengatasi dampak perubahan iklim dengan berbagai cara. Berbagai adaptasi masyarakat itu belum didukung oleh pemerintah dan belum sepenuhnya mereka mampu mengatasi dampak perubahan iklim.

Mengurangi Emisi Bisa Bertindak Sendiri

Dunia lelah, semua lelahakibat perundingan bertele-tele di tingkat Kerangka Kerja PBB atas Konvensi Perubahan Iklim. Tidak heran jika gerakan sukarela dari negara pihak kini kian marak. Bahkan, ada ide untuk meninggalkan dua raksasa pelepas emisi gas rumah kaca, Amerika Serikat dan China.

Barang Haram di Konferensi Iklim Cancun

Presiden Meksiko Felipe Calderon meresmikan pembangkit listrik tenaga angin untuk hotel yang menjadi tempat Konferensi Para Pihak PBB untuk Perubahan Iklim Ke-16 atau 16th Conference of Party (COP) di Cancun. Senin lalu, konferensi yang dihadiri utusan 200 negara dan pihak dibuka serta berlangsung hingga 10 Desember 2010.

Tunda Kompromi Akan Perbesar Dampak

CANCUN, SENIN - Puncak emisi gas rumah kaca akan tercapai pada 2015 dan kondisi lingkungan bumi akan terus merosot serta dampaknya akan berlipat jika dunia global memperlambat aksi bersama.

Dana REDD Undang Kecemburuan

Jakarta, Kompas - Penyaluran dana program penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi lahan dari negara Eropa ke negara pemilik hutan tropis, seperti Indonesia, mengundang kecemburuan negara lain.

Satgas Yakin Konsep REDD Plus Bakal Siap

Bogor, Kompas - Satuan Tugas Persiapan Pembentukan Kelembagaan REDD Plus memastikan, konsep REDD Plus yang akan dibawa dan ditawarkan Pemerintah Indonesia di pertemuan REDD Plus di Cancun, Meksiko, 29 November nanti, akan selesai pada waktunya. Saat ini satgas yang dibentuk pada Okober lalu itu masih menyusun konsepnya.
Prev 1 2 3 4 5 6... 11Next

Terpopuler di Climate

Negara Maju Harus Bayar Lebih

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Climate

Teknologi Mampu, tetapi Terganjal Anggaran

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Climate

Australia Ratifikasi Protokol Kyoto

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Climate

Amerika Serikat Ganjalan Protokol Kyoto

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Climate

Pencegahan Degradasi Hutan Diabaikan

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Climate




Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga






Daftar milis_ampl