Petunjuk

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 622 data

Pedoman Pengelolaan Program Pendampingan SPAM Perdesaan Dengan Pola KKN Tematik

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)

Program Pamsimas dilaksanakan sejak tahun 2008 telah memberikan dampak positif bagi masyarakat desa yang tersebar di sekitar 6800 desa/kelurahan. Program dengan pendekatan berbasis masyarakat ini menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan. 


Petunjuk Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Di Tingkat Masyarakat Program Pamsimas

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)

Buku ini merupakan penyempurnaan dari buku serupa terkait dengan pengadaan barang untuk memenuhi pelaksanaan Program Pamsimas. Adapun penyempurnaan yang telah dilakukan terkait dengan konsep dan pendekatan pelaksanaan Program Pamsimas II.


Petunjuk Teknis Perencanaan Pengembangan SPAM Perdesaan Program Pendampingan SPAM Perdesaan Dengan Pola KKN Tematik

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)
Pengelolaan SPAM perdesaan seringkali dirasakan tidak optimal disebabkan pendampingan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan belum dapat menyentuh secara langsung aspek partisipasi masyarakat.

Petunjuk Teknis Perencanaan Kegiatan Di Tingkat Masyarakat Program Pamsimas

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)

Petunjuk Teknis ini disusun dengan tujuan untuk menyediakan panduan bagi semua pelaku Pamsimas dalam melakukan proses perencanaan dan fasilitasi kegiatan perencanaan di tingkat masyarakat.


Petunjuk Teknis Hibah Insentif Desa (HID) Program Pamsimas

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)
Buku Petunjuk Hibah Insentif Desa disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh pelaku Pamsimas dalam memfasilitasi terlaksananya Hibah Insentif desa (HID) mulai dari proses pra seleksi sampai pelaksanaan dan pelaporan.

Petunjuk Teknis Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan Program Pamsimas

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)

Pelaksanaan program Pamsimas sejak tahun 2008 mempunyai dampak positif terhadap masyarakat desa yang tersebar di 15 Provinsi. Sebagai program stimulan yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penangungjawab pelaksanaan kegiatan selalu berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya agar berbagai kegiatan yang dilaksanakan program ini berjalan lancar dan dapat dipertanggungjawabkan. 


Kumpulan Format Petunjuk Teknis Program Pamsimas

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar), Pamsimas

Buku ini merupakan buku yang berisi berbagai format, formulir atau lembar kerja yang digunakan dalam siklus kegiatan Pamsimas di tingkat masyarakat yang diatur dalam berbagai petunjuk teknis untuk tingkat masyarakat baik perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan keberlanjutan, pengadaan barang dan jasa, serta pengamanan lingkungan dan sosial.


Modul Pelatihan Strategi Komunikasi dalam Pembangunan Sanitasi

Pengarang : Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan

Kegiatan komunikasi merupakan bagian penting untuk mendukung seluruh aspek pembangunan sanitasi dan perlu mengacu pada kondisi terkini yang memberikan tujuan untuk apa kegiatan komunikasi tersebut dilakukan.


Modul Pelatihan Metode Partisipatif untuk Perubahan Dan Peningkatan Perilaku Higiene dan Sanitasi

Pengarang : Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen PP & PL Kementian Kesehatan Republik Indonesia

Modul ini berisikan semua hal yang terkait dengan penyelenggaraan pelatihan yang diawali dengan orientasi pelatihan yang terdiri dari pembukaan pelatihan, perkenalan, pencairan suasana, rumusan harapan dan kekhawatiran, tujuan dan alur pelatihan serta kontrak belajar.


Panduan Pelatihan Dokter Kecil "Promosi Kesehataan Untuk Sekolah Dasar", Kumpulan Modul Kegiatan Pembelajaran Promosi Kesehtan di Sekolah Dasar November 2011

Perubahan perilaku hidup bersih dan sehat untuk siswa Sekolah Dasar adalah memaksimalkan peran dokter kecil.  Mereka bertugas untuk menyampaikan pesan –pesan higinitas, mengajak teman-temannya untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta menjadi teladan bersih dan sehat bagi siswa Sekolah Dasar lainnya.


Panduan Pelaksanaan Konstruksi Teknologi Tepat Guna di Sekolah

Buruknya kondisi air dan  sanitasi serta rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) menjadi salah satu pemicu meningkatnya kasus penyakit berbasis lingkungan seperti penyakit kulit, diare, tipus dan lainnya.  Hal ini tidak hanya terjadi di masyarakat,  melainkan terjadi juga di sekolah-sekolah yang tidak menerapkan PHBS  dengan baik, padahal anak-anak merupakan aset untuk meneruskan perjuangan bangsa.


Buku Petunjuk Penggunaan Dan Pemeliharaan Sarana Sanitasi Di Sekolah: Wise Project

Salah satu program WISE (WASH in School Empowerment) yang dilaksanakan di 420 sekolah yang terdapat di 4 kabupaten di Indonesia Timur yaitu melaksanakan uji coba pembangunan jamban dan fasilitas sanitasi di sekolah-sekolah tersebut.   Jamban dan fasilitas sanitasi lainnya yang sudah dibangun, diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh pihak sekolah untuk jangka waktu yang panjang.

Kurikulum Dan Modul Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Bagi Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Di Indonesia

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan dan paradigma baru pembangunan sanitasi di Indonesia yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku.  Dalam pelaksanaannya, STBM memerlukan sumber daya manusia yang terampil.

Kurikulum dan Modul Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan : Buku Sisipan STBM

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.  Keberhasilan program STBM ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah ketersediaan fasilitator yang berkualitas.

Panduan Untuk Guru "Promosi Kesehatan Untuk Sekolah Dasar" , Kumpulan Modul Kegiatan Pembelajaran Promosi Kesehatan di Sekolah Dasar, November 2011

Berlatar belakang banyaknya tantangan terkait dengan permasalahan air minum, higiene dan sanitasi  yang masih sangat besar di Indonesia, maka pemerintah menerapkan strategi nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menekankan pada lima perubahan perilaku higienis. 


Panduan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga, Bagi Petugas Puskesmas

Peran petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sangat penting khususnya dalam peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga.  Selain itu petugas Puskesmas berperan juga untuk peningkatan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, meningkatkan persentase peningkatan pemberian ASI Ekslusif, peningkatan kesadaran untuk menimbang bati dan balita dan peningkatan ketersediaan air bersih.

Acuan Kerja: Pengelolaan Kualitas Air

Pengarang : Edy Nugroho, Unirusyanawati, Vitri Sefanti

Pengelolaan Kualitas Air pada Kawasan Aliran Sungai (PKA-KAS) disusun dengan tujuan untuk memudahkan pelaksanaan pengawasan lingkungan hidup dalam pengelolaan kualitas air dengan pendekatan Kawasan Aliran Sungai.


Rencana Kegiatan Recipient Executed Waspola Facility 2012

Pengarang : Waspola Facility, Direktorat Permukiman dan Perumahan Bappenas

Dokumen ini selain memaparkan sekilas tentang Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional dan Waspola Facility yang dilengkapi dengan tujuan dan sasaranya, komponen program, pendanaan dan kelembagaan, juga memaparkan rencana kerja tahun 2012 serta komponen rencana kegiatan selama tahun 2012 yang terbagi dalam 4 komponen yaitu pengembangankebijakan, implementasi kebijakan, manajemen sektor dan manajemen proyek.


Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bergulir

Pengarang : Hening Darpito (kata pengantar)

Petunjuk ini digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan strategi pembangunan sarana sanitasi seperti yang tertuang di dalam Petunjuk Pelaksanaan Operasional Tingkat Desa. Salah satu strategi pembangunan sarana sanitasi (jamban keluarga) adalah dengan cara menggunakan dana bergulir sebagai stimulan bagi masyarakat. Dana Bergulir tersebut akan dikembalikan secara berangsur dalam waktu tertentu. 


Petunjuk Teknis Pemilihan Desa Sasaran Program Pamsimas

Pengarang : Danny Sutjiono (kata pengantar)

Petunjuk Teknis ini merupakan penjelasan rinci atas Pedoman Pengelolaan Program Pamsimas berkenaan dengan tahapan pemilihan desa/sasaran. Adapun tujuan Petunjuk teknis ini adalah untuk memberikan panduan dasar pemilihan desa/kelurahan sasaran program Pamsimas yang terbuka, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.


Prev 1 2 3 4 5 6... 32Next

Terpopuler di Petunjuk





Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl