Sanitasi

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 142 data

Banjir Surut, Air Bersih Langka

INILAH ironi Ibu Kota. Saat banjir mulai surut, genangan mengering, yang tertinggal hanyalah lumpur dan berbagai macam sampah. Kering dalam arti sebenarnya, air bersih sulit didapat. Warga hampir dipastikan bakal didera cobaan lanjutan pascabanjir, yaitu risiko tertular bermacam penyakit.

11 Desa Jadi Tempat Survei Data EHRA

Environtmental Health Risk Assessment (EHRA) se­bagai bahan pembuatan buku putih sanitasi kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat membutuhkan data primer keadaan sanitasi lingkungan masyarakat di level RT, RW dan desa.

Mengubah Perilaku, Menekan Diare

Jangan pernah berharap penyakit bisa terbebas dari suatu wilayah tertentu tanpa perubahan perilaku dan pola hidup masyarakat setempat. Prinsip itu yang kini berkembang di sejumlah daerah di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat setempat mulai giat menggalakkan sanitasi berbasis masyarakat dan berhasil menekan diare.

RI Masih di Bawah Malaysia, Kamboja & Filipina Soal Sanitasi dan Air Bersih

Kementerian Pekerjaan Umum akan memfokuskan dua proyek pembangunan untuk dua tahun ke depan yaitu masalah air bersih dan sanitasi. Sanitasi mencakup diantaranya pengelolaan air pipa pembuangan dari Mandi Cuci Kakus (MCK).

PBB Kampanyekan Perbaikan Sanitasi

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa enam miliar dari tujuh miliar penduduk di dunia memiliki telefon seluler (HP), tapi hanya 4,5 miliar orang memiliki akses terhadap toilet atau WC. Untuk itu, PBB meluncurkan kampanye global untuk memperbaiki sanitasi bagi 2,5 miliar orang yang tidak memilikinya.

Hari Air Sedunia, Sanitasi di Indonesia Masih Bikin Miris

Tanggal 22 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Sayang, di Indonesia urusan sanitasi dan air bersih masih menjadi masalah besar. Betapa tidak, 63 juta penduduk Indonesia tercatat masih melakukan praktik buang air besar sembarangan.

PBB: 6 M Penduduk Dunia Punya Ponsel Tapi Hanya 4,5 M yang Punya Toilet

Dari 7 miliar jumlah penduduk di dunia, 6 miliar diantaranya sudah memiliki telepon seluler (ponsel) pribadi. Mirisnya, hanya 4,5 miliar orang yang memiliki akses untuk sanitasi yang layak, salah satunya toilet.

10 Negara dengan Sanitasi Terburuk di Dunia, Indonesia Peringkat 2

PBB menyatakan 2,5 miliar orang di dunia masih hidup dengan sanitasi yang buruk, salah satunya terbanyak di Indonesia. Dari 10 negara dengan jumlah tertinggi orang yang belum mendapatkan sanitasi yang layak, Indonesia bahkan menduduki peringkat kedua.

Saat Warga Berarisan Jamban

Setiap orang atau keluarga ingin hidup sehat. Dengan kondisi fisik prima, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan baik. Untuk mewujudkan hal itu harus dimulai dari dalam diri dan rumah tangga. Kesadaran tersebut kini subur berkembang di kalangan warga Desa Tuabatan, Kecamatan Miomaffo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Sekitar 150.000 Rumah Tangga di Pemalang Tak Punya Akses Sanitasi

Sekitar 40 persen atau 150.000 rumah tangga di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, tidak mempunyai akses sanitasi yang layak dan sehat. Sebagian besar dari jumlah tersebut adalah keluaga yang ada ada di wilayah pedesaan.

Akses Masyarakat Bandung Terhadap Sanitasi Baru 52 Persen

Akses masyarakat Kabupaten Bandung terhadap sanitasi masih terbatas. Kondisi tersebut menyebabkan dampak bagi kesehatan masyarakat.

Berkat Percaya Mitos, Kampung Adat Banceuy Bebas dari BAB Sembarangan

Aturan adat atau kepercayaan terhadap mitos tertentu seringkali membuat masyarakat lebih sulit untuk mengubah kebiasaan lamanya. Tapi di Kampung Banceuy, kepercayaan terhadap adat dan mitos justru membuat desa ini bebas dari perilaku buang air besar (BAB) sembarangan.

Indonesia Rugi USD 6,3 Miliar Tiap Tahun karena Sanitasi yang Buruk

Sanitasi adalah kebutuhan dasar manusia yang berkaitan erat dengan kesehatan dan membawa dampak pada ekonomi. Sayangnya, sanitasi buruk masih menjadi permasalahan besar di Indonesia. Akibatnya, Indonesia mengalami kerugian ekonomi hingga USD 6,3 miliar tiap tahunnya.

USAID-IUWASH Latih Penanganan Sanitasi

Organisasi nirlaba non pemerintah bertaraf internasional, USAID, melalui Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Kota Parepare menggelar pelatihan di Hotel Kenari Bukit Indah, Kota Parepare, Selasa (19/3).

Sanitasi di Sekolah yang Baik Dukung Pendidikan Berkualitas

Banyak sekolah yang masih memiliki sanitasi dan sarana air bersih yang kurang memadai. Padahal, sanitasi merupakan sarana penunjang pendidikan. Tanpa sanitasi dan sarana air yang bersih membuat sekolah bisa kesulitan mencetak murid-murid yang berprestasi.

SMKN 3 Undaan Jadi Percontohan Sanitasi Sekolah

SMK Negeri 3 Undaan, Kudus, Jawa Tengah, bakal dijadikan proyek percontohan penerapan program sanitasi sehat di lingkungan sekolah menyusul diterimanya bantuan sanitasi dan sumur resapan dari Bank Mandiri bersama Djarum Foundation.

Kondisi Toilet Sekolah di Indonesia Memprihatinkan

Indonesia menyatakan, kondisi sanitasi di berbagai sekolah di negeri ini, sangat memprihatinkan. Fasilitas sanitasi yang memiliki bau tak sedap serta gelap, selalu menjadi hal yang sering dijumpai di banyak tempat anak-anak Indonesia menimba ilmu.

Program Sanitasi Ampuh Menekan Diare

Gerakan sanitasi lingkungan ternyata cukup ampuh menekan tingkat penderita diare, setidaknya ini terjadi di Desa Laob, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Sejak menjalankan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bersama Plan Indonesia pada 2011, desa ini berhasil menekan angka penderita diare.

Sanitasi Sehat, Masyarakat Kuat

Sudah saatnya masyarakat Indonesia menikmati akses sanitasi yang sehat. Menurut catatan Asosiasi Toilet Indonesia, banyak sekolah-sekolah di Tanah Air yang memiliki fasilitas sanitasi yang buruk, sehingga berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima oleh anak-anak Indonesia.

Kudus Luncurkan Program Sanitasi Sekolah

Guna mewujudkan penduduk Indonesia dalam memiliki akses sanitasi yang aman, dan sumber air bersih yang berkelanjutan, Bank Mandiri bersama Djarum Foundation berinisiatif mengakselerasi pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), yakni pembangunan kualitas hidup manusia.
Prev 1 2 3 4 5 6Next

Terpopuler di Sanitasi

Mengatur Jarak Sumur dan Septic Tank Rumah Tangga

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Sanitasi

Jangan Sepelekan Diare Pada Anak

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Sanitasi

Hemat Air dengan Composting Toilet

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Sanitasi

Teknologi Pengisian Biogas ke Tabung Elpiji

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Sanitasi

Cuci Tanganmu Dulu

Kategori : Kumpulan Berita - Artikel - Sanitasi




Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl