Prosiding

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 216 data

Lokakarya Pengembangan Horizontal Learning pada Pembangunan Air Minum & Penyehatan Lingkungan (AMPL). Hotel Aryadhuta Jakarta, 23 Agustus 2011

Pengarang : Waspola Facility

Pembelajaran horizontal merupakan suatu pendekatan yang berpegang pada prinsip dasar proses belajar yang setara berdasarkan hasil yang sudah terbukti dan diakui untuk mendorong inovasi lokal dalam pengadopsian.   Dalam konteks Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), pembelajaran horizontal ini bertujuan untuk memberi ruang yang luas bagi para pelaku pembangunan untuk saling belajar topik topik tertentu yang relevan dari para pelaku yang telah berhasil melaksanakannya.


Proceeding Lokakarya Pembelajaran Pengelolaan Data AMPL. Sumedang, 15-19 April 2013

Pengarang : Waspola Facility
Hingga kini pembangunan sektor air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) di Indonesia masih belum didukung oleh data yang berkualitas. Untuk itu pada tahun 2009-2010, Waspola Facility melakukan uji coba untuk pengelolaan data di Kabupaten Bangka. Uji coba ini berjalan dengan baik dan sampai saat ini data AMPL masih dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi acuan penyusunan perencanaan daerah dari tingkat desa hingga provinsi.

Proceeding Pelaksanaan Pertemuan Konsultasi Publik Roadmap & Pergup BASNO-Provinsi NTB 2013-2017

Pengarang : Waspola Facility, Pokja AMPL NTB-Unicef

Data menunjukkan 49% masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) masih berperilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di sungai, sawah, kolam, kebun maupun tempat terbuka lainnya, sehingga masyarakat memiliki resiko tinggi untuk terkontaminasi berbagai bakteri dan penyakit berbasis lingkungan. Selain itu prevalensi gizi kurang pada balita 33% (2008) dan tingginya angka kematian bayi  yaitu 72/1000 kelahiran hidup (2007).


Lokakarya Pengembangan Program dan Rencana Kegiatan Water Safety Plan-Indonesia 2012, The Novotel Bogor, 13-14 Februari 2012

Pengarang : Waspola Facility
Rencana penyelamatan air  (RPA) dirancang untuk menjamin setiap orang memiliki akses pada air minum yang aman, baik dalam hal kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan harga air minum (4K).

World Toilet Summit 2011, November 22 to 24, 2011, Hainan China

Pengarang : World Toilet Organization
Toilet di sekolah, stasiun kereta, Bandar udara, tempat pertunjukan musik, dan lainnya selalu berbeda baik dalam hal pengadaan , rancangan,  kebutuhan, dan perawatannya.  Untuk itu ketika akan membangun toilet memerlukan perencanaan dan rancangan khusus agar dapat  digunakan di tempat-tempat tertentu sesuai dengan fungsi dari tempat tersebut. 

World Toilet Summit 2004, November 17 to 19, 2004

Pengarang : World Toilet Organization
Toilet Komunal  merupakan salah satu fasilitas yang memberi kemudahan kepada masyarakat yang memerlukannya.  Apabila pembangunan toilet komunal ini tidak direncanakan, dibangun dan dikelola dengan baik akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.

World Toilet Summit 2007. New Delhi India. 31st October to 3rd November 2007

Pengarang : Sulabh International Social Service Organisation
Salah satu tema yang dibahas dalam World Toilet Summit ini adalah kolaborasi air, sanitasi dan higiene untuk semua. Dimana air, sanitasi dan higiene dapat menyelamatkan kehidupan dan diperlukan oleh semua mahluk hidup terutama manusia dari awal kahidupan sampai meninggal dunia.

Waspola Facility: Lokakarya Konsolidasi Pokja AMPL Kota Bandung Dalam Pelaksanaan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM), Bandung, 30-31 Oktober 2012.

Pengarang : Waspola Facility

Dalam rangka pelaksanaan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Kota Bandung sejak kuartal 1 tahun 2012 telah melaksanakan rangkaian kegiatan diantaranya pertemuan koordinasi yang diselenggarakan oleh BPLHD Jawa Barat, lokakarya sosialisasi RPAM, pertemuan koordinasi lanjutan, pertemuan dengan para pemangku kepentingan tingkat komunitas dengan Forum Gemricik dan Baraya Cikapundung dan lokakarya penguatan kapasitas Forum Gemricik dalam rangka perannya untuk Cikapundung bersih.


Lokakarya Rencana Pengelolaan Air SPAM IKK Bakam, Kabupaten Bangka, Hotel Novotel Pangkalpinang, 29-30 Agustus 2012

Pengarang : Waspola Facility

Salah satu masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan yaitu pemenuhan kebutuhan air minum bagi penduduk di suatu wilayah baik di perkotaan maupun pedesaan. Hal ini dikarenakan sangat tergantung kepada beberapa hal seperti ketersediaan sumber air baku yang terbatas, kebutuhan biaya dan teknik pengolahan air yang diterapkan.  Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan air minum yang memenuhi kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan adalah dengan adanya Rencana Pengamanan Air Minum (RPA).


Waspola Facility: Lokakarya Penguatan Kapasitas Forum Gemricik Sebagai Mitra Pokja AMPL Kota Bandung dalam Uji Coba Penerapan Rencana Pengamanan Air di Kawasan Sungai Cikapundung,

Pengarang : Waspola Facility

Sungai Cikapundung merupakan sungai utama di kota Bandung yang melalui beberapa permukiman padat penduduk sehingga beresiko tinggi terhadap pencemaran. Meskipun demikian sungai Cikapundung menjadi sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Kondisi sungai Cikapundung yang seperti ini dinilai oleh Waspola Facility memenuhi kriteria untuk dijadikan lokasi uji coba penerapan rencana pengamanan air (RPA). 


Lokakarya Penguatan Kapasitas Pokja AMPL dalam penyusunan RPJMD sektor Air Minum Penyehatan Lingkungan (AMPL) di Provinsi Gorontalo: Hotel Quality Gorontalo, 10-11 Mei 2012

Pengarang : Waspola Fasility

Lokakarya Penyusunan Strategis Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah: Swiss Bell Hotel 22 s/d 24 Mei 2012

Pengarang : Tim Fasilitator Waspola Facility

Proceeding Report: Pelaksanaan Rapat Koordinasi Sinergi Pembangunan AMPL Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang, 24-27 Oktober 2010

Pengarang : Kelompok Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur, Waspola Facility

Prosiding: Lokakarya Sinergi Pembangunan AMPL Provinsi Banten 18-20 November 2010

Pengarang : Pokja AMPL, Waspola Facility

Expert Workshop: Improving Emergency Sanitation (Challenges, Lesson Learnt & Innovative Concepts): Conference Reader


Prosiding Kegiatan Konsolidasi Sanitasi Sekolah Program Kerjasama Direktorat Permukiman dan Perumahan Bappenas dan Plan Indonesia Tahun 2009/2010


Prosiding Kegiatan Dukungan terhadap Jejaring AMPL


Climate Change and Adaptation for Water Resources in Yellow River Basin, China


Prosiding Pertemuan Nasional dan Serah Terima Aset ProAir (Hotel Kristal-Kupang, 16-19 November 2009)


Laporan Kegiatan Lokakarya Pengembangan Pusat Informasi Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (PIN AMPL)


Prev 1 2 3 4 5 6... 11Next

Terpopuler di Prosiding





Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl