Lokakarya Rencana Pengelolaan Air SPAM IKK Bakam, Kabupaten Bangka, Hotel Novotel Pangkalpinang, 29-30 Agustus 2012

Pengarang:Waspola Facility
Penerbit:Jakarta: Waspola Facility, 2012
Halaman:iii, 18 hal + 5 lamp + foto, 30 cm
No. Klasifikasi:363.610.704 Was l
Kata Kunci:Prosiding, Lokakarya, Rencana Pengelolaan Air, SPAM IKK Bakam, Bangka, Air Minum
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Prosiding

Salah satu masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan yaitu pemenuhan kebutuhan air minum bagi penduduk di suatu wilayah baik di perkotaan maupun pedesaan. Hal ini dikarenakan sangat tergantung kepada beberapa hal seperti ketersediaan sumber air baku yang terbatas, kebutuhan biaya dan teknik pengolahan air yang diterapkan.  Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan air minum yang memenuhi kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan adalah dengan adanya Rencana Pengamanan Air Minum (RPA).

Kabupaten Bangka merupakan salah satu kabupaten yang akan melaksanakan RPA, hal ini berdasarkan adanya upaya peningkatan kebutuhan masyarakat dan masih terbukanya peluang untuk mengoptimalkan kapasitas pelayanan sistem penyediaan air minum yang ada. Keseriusan Kabupaten Bangka untuk merealisasikan RPA ini terbukti dengan  menyusun Strategi Air Minum Kabupaten (SAMIK) sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi melalui sinergi pembangunan. Salah satu program SAMIK adalah pengelolaan SPAM IKK di Kecamatan Bakam.

Untuk mensosialisasikan/memperkenalkan konsep dan rencana pelaksanaan RPA pada tanggal 29-30 Agustus 2012 dilaksanakan lokakarya bertempat di Hotel Novotel Pangkalpinang Bangka yang diikuti oleh 32 peserta. Adapun maksud diselenggarakannya lokakarya ini sebagai tindak lanjut penyusunan SAMIK dalam rangka persiapan pelaksanaan pengelolaan SPAM IKK Kecamatan Bakam sebagai uji coba RPA Komunitas.

 

 



Post Date : 04 April 2013