Buku

Halaman : 1
Menampilkan 1 - 20 dari 1349 data

Knowledge Day 2015 "Mencipta Masa Depan Sanitasi dan Air Minum"

Pengarang : Sekretariat Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional

Pelaksanaan Hari Pengetahuan adalah bagian utama dari rangkaian Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2015. Acara ini menampilkan rangkaian presentasi tunggal yang dikemas dalam format pertunjukkan (show). Buku ini memotret  ungkapan-ungkapan keyakinan, kemampuan dan kesanggupan yang disampaikan para inspirator dan pengisi acara Knowledge Day, mulai dari generasi muda, pimpinan kementerian/lembaga, tokoh agama, pengusaha lokal,  jurnalis sampai aktivis.


Pamsimas " Menjawab Tantangan Air Minum dan Sanitasi di Wilayah Perdesaan Indonesia"

Pengarang : World Bank

Pamsimas dalam mengatasi permasalahan air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan menggunakan pendekatan berbasis masyarakat. Program ini telah membantu hampir delapan juta jiwa penduduk Indonesia untuk memiliki akses ke sarana air minum aman dan lebih dari 7,4 juta jiwa sanitasi layak di sekitar 10.000 desa. Di wilayah-wilayah dimana Pamsimas diterapkan, banyak desa yang telah mencapai status bebas buang air sembarangan (Stop BABS) dan melaksanakan program cuci tangan pakai sabun (CTPS). 


Ternyata Bisa

Pengarang : Sekretariat Pokja AMPL Nasional
Buku Ternyata Bisa ini berisikan benang merah dari pembelajaran dan pengalaman dalam pembangunan air minum dan sanitasi di Indonesia. Penyusunan buku ini didasarkan pada tema-tema yang menarik, antara lain Sepakati Alasan, Tampilkan Pimpinan dan Libatkan Anak-anak.

Memorandum Program Sanitasi Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat

Pengarang : Pokja Sanitasi Kabupaten Kubu Raya

Sebagai kabupaten yang baru pemekaran, Kabupaten Kubu Raya memerlukan suatu dokumen perencanaan yang dapat dijadikan pedoman semua pihak dalam mengelola sanitasi secara sistematis, terencana, terpadu, terintegrasi, dan berkelanjutan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah. saat ini belum memiliki Perda mengenai air limbah disamping itu pertumbuhan penduduk sangat tinggi sehingga membawa konsekuensi terhadap munculnya beranekaragam pola prilaku individu atau kelompok yang tidak menguntungkan baik secara ekonomi maupun sosial budaya dan aspek lingkungan.


Program PPSP Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman Tahun 2014 "Memorandum Program Sanitasi (MPS) Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat"

Pengarang : Pemerintah Daerah Kabupaten Landak

MPS merupakan dokumen utama yang berisi Rencana Penganggaran dan kesepakatan atau komitmen bersama dari berbagai pihat terkait untuk mendukung Kabupaten Landak dalam menyusun rencana program investasi pembangunan sektor sanitasi dalam rangka Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), yang secara teknis telah disusun berdasarkan hasil studi dan sinkronisasi


Program PPSP Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman Tahun 2014 "Memorandum Program Sanitasi Kabupaten (MPS) Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat"

Pengarang : Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang

Memorandum Program Sanitasi  Kabupaten Sintang merupakan dokumen perencanaan strategis yang disusun untuk percepatan pembangunan sektor sanitasi yang berisi rangkuman potret kondisi sanitasi saat ini, rencana strategi dan rencana tindak pembangunan sanitasi Kabupaten Sintang jangka menengah.


Lessons Learned Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP)

Buku ini berisi pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman beberapa kabupaten/kota peserta PPSP dalam melakukan proses perencanaan strategis dan implementasi pembangunan sanitasi di wilayah masing-masing. Diharapkan dapat memberikan sedikit gambaran mengenaik praktik-praktik baik yang terjadi maupun catatan tentang hal-hal yang perlu diantisipasi dan diperbaiki.


Mereka Bicara Tentang STBM

Pengarang : SIMAVI
Demi mempertahankan STBM di masyarakat, SIMAVI menerbitkan sebuah dokumentasi dari hasil kunjungan ke dua kabupaten yaitu Timor Tengah Selatan (TTS) dan Sikka, khususnya Desa Puna dan Loli di Kecamatan Polen dan Desa Du serta Hepang di Kecamatan Lela. Hasil dokumentasi berjudul “Mereka Bicara Tentang STBM” ini merupakan narasi yang menggambarkan bagaimana masyarakat mempersepsikan STBM, baik manfaat maupun tantangan yang melingkupinya.

Belajar Dari Champions, Seri Policy Entrepreneur Vol. 1

Pengarang : Pokja AMPL Nasional

Salah satu cara mengasah ketajaman sense of crisis adalah dengan mempelajari cara-cara yang dilakukan orang lain dalam menghadapi krisis. Belajar dari pengalaman orang lain  jauh lebih mudah karena kita hanya perlu menirunya. Jika apa yang ditiru tidak pas dengan kondisi yang kita hadapi, cukup melakukan sedikit penyesuaian. Dan, ini juga mudah. Jadi, menghadapi krisis bukanlah hal yang menakutkan. Modalnya adalah sense of crisis yang diasah terus menerus.

 


Pengelolaan Limbah Berkelanjutan

Pengarang : Arif Zulkifli
Limbah adalah zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik, yang kehadirannya pada suatu saat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena dapat menurunkan kualitas lingkungan

Biogas Energi alternatif pengganti BBM, Gas, dan Listrik

Pengarang : Sri Wahyuni

Krisis energi yang terjadi akhir-akhir ini telah menuntun untuk dilakukan inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk menemukan sumber energi baru yang terbarukan. Selain itu, sumber energi baru tersebut diharapkan berbiaya terjangkau serta tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.


Bioindikator Kualitas Air

Pengarang : Astri Nugroho
Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Suatu perairan merupakan ekosistem yang kompleks sekaligus merupakan habitat dari berbagai jenis makhluk hidup, baik yang berukuran besar seperti ikan, maupun berbagai jenis mahluk hidup berukuran kecil (mikroba) yang hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop

Hukum Lingkungan Hidup , Homo Ethic- Eco Ethic

Pengarang : Deni Bram

Masalah lingkungan hidup bukan hanya masalah fisik manusia dan biologis manusia akan tetapi merupakan masalah moral dimana kerusakan alam bukan hanya menimbulkan kecemasan tetapi menimbulkan keprihatinan bahwa perilaku manusia telah melampaui khitahnya dan rusak. 


Manusia & Lingkungan dengan berbagai perubahannya

Pengarang : Johan Iskandar

Buku ini mengisahkan berbagai hubungan manusia dengan lingkungan secara dinamik yang dibalut dengan kekhasan dan keunikannya. Walaupun manusia dalam kehidupannya sangat tergantung pada lingkungan akan tetapi banyak yang cenderung memiliki pandangan seolah-olah di dalam kehidupannya tidak membutuhkan lagi dukungan  lingkungan (banyak terjadi di perkotaan). Hal ini disebabkan aspek teknologi dan ekonomi yang sangat berkembang dengan pesatnya.


Aplikasi Metode Statistika Untuk Analisis Data Hidrologi

Pengarang : Soewarno

Sejalan dengan pertambahan penduduk maka kebutuhan akan airpun semakin meningkat. Disisi lain gejala degradasi lingkungan terus terjadi yang ditandai dengan frekuensi banjir dan kekeringan yang semakin meningkat sehingga ketersediaan air pada musim penghujan dan kemarau dirasakan semakin tidak seimbang terbukti dengan semakin besarnya fluktuasi hidrograf debit runut waktu, umur layan waduk diperkirakan lebih cepat daripada umur desainnya.  


Hidrometri Dan Aplikasi Teknosabo Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air.

Pengarang : Soewarno

Informasi hidrologi untuk pengelolaan sumber daya air tidak akan terlepas dari keharusan tersedianya data hidrometri runtut waktu yang berakurasi dan presisi yang tinggi. Informasi hidrologi ini dibuat berdasarkan hasil pengukuran dan pengolahan data hidrometri salah maka dapat berakibat pada kebijakan pengelolaan sumber daya air tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.


Review Buku Putih Sanitasi Kabupaten Buleleng

Pengarang : Putu Gde Yasa (kata pengantar)

Review Buku Putih Sanitasi Kabupaten Buleleng dimaksudkan untuk meninjau kembali gambaran kondisi eksisting Kabupaten Buleleng yang mencakup tingkat layanan, potensi dan permasalahan sub sektor air limbah, persampahan dan drainase serta mencakup juga air bersih


Pola dan Peluang Investasi Bidang Cipta Karya Sektor Air Minum dan Sanitasi

Pengarang : Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya

Millenium Development Goals merupakan komitmen bersama dalam rangka mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat  yang salah satunya adalah menambah pelayanan terhadap air minum dan sanitasi untuk 50% penduduk yang belum mendapatkannya.  Saat ini investasi air minum dan sanitasi sudah terlaksana dengan menggunakan sumber pendanaan dari pemerintah, pihak swasta dan masyarakat.


Buku Saku Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Pengarang : Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI

Sebuah desa/kelurahan dapat mendeklarasikan dirinya sebagai desa/kelurahan  sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) apabila masyarakatnya sudah menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara berkesinambungan sesuai dengan visi STBM.  Untuk itu diperlukan berbagai tahapan yang harus dilalui. seperti dilaksanakannya pemicuan terhadap masyarakat dan proses verifikasi yang dilakukan oleh sebuah tim beranggotakan 3-5 orang yang ditunjuk dan ditetapkan oleh pemerintah Daerah.


Pulau Ende : Kisah Sukses Pulau Pertama Indonesia yang Terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan

Pengarang : Nafsiah Mboi (kata pengantar)

Keberhasilan warga Pulau Ende membebaskan diri dari BABS merupakan bukti bahwa masyarakat pulau kecil dapat terpicu mempunyai hasrat untuk memulai kehidupan yang lebih sehat. Semangat ini patut ditularkan ke masyarakat pulau kecil lainnya.


Prev 1 2 3 4 5 6... 68Next

Terpopuler di Buku





Buku : Kita Bisa



Percik 2016



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl