Panduan Survei Kebutuhan Nyata (Real Demand Survey - RDS)

Penerbit:Jakarta, Environmental Services Program (ESP) USAID, October 2008, iv + 19 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:526.9 ENV p
Kata Kunci:panduan, survei, real demand survey - RDS
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan ESP, Telp. 021-7209594
Kategori:Petunjuk

Konsep kebutuhan nyata (real demand) rumah tangga, lebih menekankan pada tingkat kebutuhan (need) dan kemauan (want) dari rumah tangga. Konsep ini belum berbicara tentang tingkat ekspetasi  atau harapan (level of expectation) dari rumah tangga sebagai standar yang harus dilampaui.
   
Kebutuhan nyata adalah kebutuhan yang benar-benar memang mencerminkan apa yang sebenarnya dibutuhkan. Istilah kebutuhan nyata muncul karena adanya pandangan yang berbeda dalam menggambarkan kondisi nyata dari adanya kebutuhan di tingkat masyarakat, dimana umumnya terjadi perbedaan pandangan antara pihak pengambil kebijakan (pemerintah) dan pihak penerima kebijakan (masyarakat). Kebutuhan nyata biasanya menggambarkan kondisi nyata dari kebutuhan masyarakat, dalam artian memfokuskan diri pada pandangan menurut masyarakat, bukan pandangan pihak pengambil kebijakan.
   
Tujuan dari kegiatan Survei Kebutuhan Nyata (Real Demand Survey - RDS), dimaksud untuk mencapai sasaran-sasaran sebagai berikut; meningkatkan peran serta (partisipasi) masyarakat dalam perencanaan pembangunan, mengetahui kondisi dan akses masyarakat terhadap fasilitas kesehatan, air bersih, sanitasi, persampahan, dan drainase, mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan masyarakat terhadap sarana dan prasarana umum, kesehatan, air bersih, sanitasi, persampahan, dan drainase, menentukan prioritas (baik kegiatan maupun lokasi) dalam penyediaan/ pembangunan sarana dan prasarana umum, kesehatan, air bersih, sanitasi, persampahan, dan drainase, mengetahui tingkat kemauan membayar masyarakat dalam penyediaan sarana dan prasarana air bersih, sanitasi, persampahan, dan drainase, serta mengetahui tingkat kemampuan ekonomi masyarakat.

Daftar Isi

Daftar isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Singkatan

1.    Kebutuhan Nyata Rumah Tangga
1.1    Sasaran Pokok RDS
1.2    RDS dalam Perencanaan Pembangunan Daerah
1.3    Periode Pelaksanaan RDS

2.    Metodologi Survei
2.1    Umum
2.2    Metode Survei
2.3    Sampel Survei
2.4    Instrumen Survei
2.5    Kode Angket

3.    Pelaksanaan Survei
3.1    Tim Survei
3.2    Kegiatan di Lapangan
3.3    Penanganan Data

4.    Teknik Analisa Data Hasil Survey
Karakteristik Umum



Post Date : 25 Februari 2010