Small-Scale Private Service Providers of Water Supply and Electricity
A Review of Incidence, Structure, Pricing and Operating

Pengarang:Mukami Kariuki
Jordan Schwartz
Penerbit:World Bank - Energy and Water Department
Bank Netherlands Water Partnership
Public-Private Infrastructure Advisory Facility
Kategori:Privatisasi
Referensi:www.wbcsd.ch/web/publications/IB%20Access.pdf
Penyedia air dan listrik skala kecil (Small-scale Private Service Providers/SPSPs) memiliki peran yang penting dalam penyedia jasa layanan, khususnya di wilayah pinggiran perkotaan, perdesaan, dan daerah terpencil, serta di negara dengan sarana publik yang tidak berfungsi dengan baik. Dalam beberapa tahun terakhir, program-program dan kebijakan nasional serta forum-forum global telah menunjukkan perhatian yang lebih mengenai penyedia air dan listrik skala kecil ini. Para praktisi saat ini juga menghargai peran penting dari SPSPs dalam membangun dan mengelola sistem air bersih dan listrik swasta serta dalam meningkatkan pengembangan sektor swasta lokal.

Laporan ini merangkum berbagai temuan dan kesimpulan dari kajian literature mengenai penyedia air dan listrik skala kecil (SPSPs) yang dilakukan selama 6 bulan selama kurun waktu tahun 2003. Sebanyak hampir 7.000 penyedia listrik skala kecil beroperasi di 32 negara dan sekitar 10.000 penyedia air skala kecil teridentifikasi di 49 negara.

Dalam laporan ini terdapat tipologi umum dalam mengklasifikasi jenis SPSPs yang berbeda berdasarkan 2 parameter, yaitu : (i) hubungan dengan sumber air atau sumber listrik (apakah dependent atau independent); dan (ii) tipe teknologi yang diterapkan.

Pada akhirnya disimpulkan bahwa perlu studi analisis lebih lanjut untuk memutuskan seberapa jauh pengembangan penyedia layanan air dan listrik skala kecil di negara-negara yang telah mengembangkan SPSPs ini. Selain itu juga perlu dikaji lebih jauh jika terjadi kondisi dimana pelayanan publik telah meningkat (improved) dan dapat diakses oleh rakyat miskin, maka pemerintah juga perlu duduk bersama dengan SPSPs dalam mengembangkan exit strategy mengenai kemungkinan berkurangnya investasi dan pendapatan dari penyedia layanan air dan listrik skala kecil ini.

Post Date : 17 Februari 2007