Bermitra Bersama Menuju Kemakmuran: Strategi USAID Di Indonesia 2009-2014

Penerbit:Jakarta, U.S Agency for International Development (USAID), 2009, 56 hal
No. Klasifikasi:357.598073 USA b
Kata Kunci:kerjasama bilateral, investasi, penanggulangan kemiskinan, Indonesia - Amerika, strategi USAID
Lokasi:Direktorat Permukiman & Perumahan, Bappenas
Kategori:Buku

USAID adalah lembaga utama pemerintah Amerika Serikat dalam menyalurkan bantuan kepada negara-negara yang tengah berupaya mengurangi tingkat kemiskinan, melakukan reformasi demokrasi dan pemulihan diri dari bencana.

USAID Mission Strategy untuk Indonesia periode 2009-2014 ini memberikan gambaran akan arah dan pendekatan baru dalam bermitra bersama Indonesia melaksanakan pembangunan hingga tahun 2014.

Strategi Program USAID/ Indonesia 2009-2014 mengantisipasi keadaan yang dijanjikan oleh transformasi demokrasi Indonesia yang luar biasa. Strategi baru yang disusun bersama pemerintah Indonesia ini akan memanfaatkan sumber daya Indonesia dan Amerika Serikat untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia dan membangun bangsa yang makmur dan inklusif. Investasi untuk melaksanakan rencana ini merupakan bagian pokok dari konsep Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia yang kini tengah dipersiapkan.

Saat ini USAID bekerjasama dengan Indonesia di lima sektor sebagai berikut: pendidikan, lingkungan, pertumbuhan ekonomi, demokrasi, dan tata kelola pemerintahan, serta kesehatan. Total anggaran USAID/ Indonesia untuk strategi tersebut melebihi Rp 9,3 triliun atau 1 milyar Dollar AS.

Daftar Isi:

Ringkasan Eksekutif

Tantangan Pembangunan

Peningkatan Kapasitas Institusi Pendidikan Di Indonesia dalam Menyiapkan Siswa untuk Belajar, Bekerja, dan Bermasyarakat

Perbaikan Sistem Pengelolaan Sumber Daya Alam

Penguatan Tata Kelola Pemerintahan yang Demokratis menjadikan Tata Kelola Pemerintahan yang Demokratis Efektif

Peningkatan Status Kesehatan Indonesia

Peningkatan Lapangan Pekerjaan



Post Date : 23 Juli 2010