Pemkab Serang Gandeng Waternet Rombak Sanitasi

Sumber:bantenpos.co.id - 25 Desember 2014
Kategori:Sanitasi

Pemkab Serang dalam waktu dekat berencana akan melakukan perombakan sanitasi air bersih. Untuk mewujudkan hal itu mereka pun akan menggandeng Waternet, sebuah lembaga yang bergerak di bidang sanitasi air bersih asal Belanda. Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman mengatakan, rencana tersebut tercetus setelah sebelumnya dirinya melakukan kunjungan ke Belanda atas undangan dari Waternet pada Minggu hingga Kamis (14-18/12).

“Waternet memiliki kepedulian dalam pencapaian target MDGs di sejumlah negara, terutama dalam hal pemenuhan hak-hak dasar manusia, MDGs kan sudah disepakati 190 negara, salah satunya Indonesia, dan Kabupaten Serang masuk di dalamnya,” ujarnya, kepada BANPOS, Kamis (25/12/2014).

Ia menuturkan, selama berada di negeri kincir tersebut Waternet melakukan presentasi kepada para tamu undangan tentang kehandalannya dalam pengelolaan sanitasi. Secara teknis diakuinya, lembaga tersebut tergolong yang terbaik karena mereka dipercaya untuk pengelolaan sanitasi oleh negaranya.

“Kalau soal pengeloaan air, Belanda memang yang terbaik dan Waternet adalah lembaga yang mengurusi itu di Belanda. Kalau Jakarta tidak banjir saya rasa harus belajar kesana,” katanya.

Dalam pengelolaannya, Waternet membuat saluran air yang didesain agar air buangan berkumpul dalam satu tempat. Dari tempat itu air buangan baik air hujan hingga comberan diolah menjdi layak knsumsi dan disalurkan ke masyarakat. “Waktu saya ke lokasi, saya sempat heran itu air sangat baud an ternyata itu air comberan. Ternyata air itu bisa disulapnya menjadi air layak konsumsi dan telah teruji di lab sehingga disana tidak ada sedikit pun air yang terbuang percuma. Oleh karena itu saya juga ingin Kabupaten Serang mengadopsi teknik tersebut,” ungkapnya.
Mantan Perwira Korps Baret Merah itu mengungkapkan, untuk mewujudkan itu pihaknya dan Waternet sudah menajalin kesepakatan untuk melakukan kerjsa sama pembenahan sanitasi di Kabupaten Serang. Pada tahap awal pihak Waternet pada 2015 dijadwalkan akan bertandang ke Kabupaten Serang untuk melakukan survei. “Waternet siap bantu, di 2015 mereka akan bertandang ke Kabupaten Serang untuk melakukan survey. Untuk bantuan mungkin lebih ke arah bantuan tenaga ahli sedangkan keuangan bisa diusahakan dari APBD maupun bantuan pusat,” tuturnya.
Kepala Bappeda Kabupaten Serang Ismanto Ismail mengatakan, cakupan pemenuhan kebutuhan air bersih di Kabupaten Serang secara angka belum memenuhi target MDGs yaitu 69 persen di 2013, dari target 80 persen pada 2015. “Jadi dengan kerja sama ini diharapkan bisa mendapat hasil yang maksimal,” ujarnya.

 



Post Date : 30 Desember 2014