Aceh Timur Galakkan STBM

Sumber:medanbisnisdaily.com - 24 November 2014
Kategori:Sanitasi
Aceh Timur. Kabupaten Aceh Timur yang merupakan salah satu kabupaten terluas di Aceh terus menggalakkan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Hal tersebut merupakan salah satu unsur dalam menguatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Aceh Timur dr Zulfikri, Kamis (20/11) mengatakan, pola STBM yang sedang digalakkan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan kesehatan.

"Salah satu hal yang cukup berkembang di Aceh Timur dalam hal ini yakni keterlibatan masyarakat dalam arisan jamban," ungkapnya.

Dipaparkan, pada 2007 dari hasil riset dasar Kabupaten Aceh Timur, dari 78.000 rumah tangga yang memiliki jamban hanya 25%. Namun dengan berbagai langkah dan upaya yang dilakukan, pada 2013 jumlahnya naik menjadi 58%.

"Kita terus melakukan langkah-langkah dalam menggerakkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan," sambungnya.

Pihaknya akan terus melakukan langkah memicu kesertaan masyarakat, agar ketersediaan jamban dapat terpenuhi keseluruhan pada tahun 2017.


Post Date : 24 November 2014