Kementerian PU Adakan Jambore Sanitasi

Sumber:poskotanews - 17 Juni 2014
Kategori:Sanitasi

Guna mengkampanyekan pentingnya lingkungan yang bersih Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengadakan Jambore Sanitasi 2014 yang diikuti 198 duta sanitasi seluruh Indonesia.

“Kita harus terus mengkampanyekan perilaku peduli sanitasi sejak dini melalui peran anak-anak sebagai agen perubahan. Perlu kepedulian bersama untuk mengamankan masa depan air dan penggunaan energi melalui penangan sanitasi yang baik,” kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak didampingi Dirjen Cipta Karya Imam S Ernawi seusai membuka acara JUambore.

Menurut Hermanto, Kementerian Pekerjaan Umum terus berupaya melakukan berbagai terobosan peningkatan penyediaan prasarana dan sarana dasar sanitasi dan air minum di seluruh Indonesia. Mengingat bahwa masalah sanitasi bukanlah masalah pembangunan infrastruktur semata, namun juga sangat bergantung pada pola hidup dan perilaku hidup sehat maka perlu ada duta-duta yang akan mengkampanyekannya.

Pada tahun 2014, Jambore Sanitasi mengambil tema mengenai sanitasi mendukung air dan energi yang berkelanjutan, yang bertujuan untuk menyiapkan Duta Sanitasi yang berkualitas dan mampu menyampaikan pesan-pesan sanitasi untuk meningkatkan kepedulian serta perubahan perilaku hidup sehat.

Tema tersebut sejalan dengan tema Hari Air Sedunia 2014, yaitu Water & Energy, dalam rangka mengingatkan masyarakat terhadap tanggung jawab bersama untuk mengamankan masa depan air dan penggunaan energi.

Acara ini turut dihadiri oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Peranan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dan 6 Organisasi Perempuan Indonesia (Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dharma Wanita, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, KOWANI, dan Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutam (APPB).

Turut membuka acara yaitu Dirjen Cipta Karya Imam S Ernawi, Ketua II Sikip Ratna Djoko Suyanto, Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas Nugroho Tri Utomo, Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes Wilfried Purba dan Deputy Perlindungan Anak, Kementerian PPPA Wahyu Hartomo.



Post Date : 17 Juni 2014