Tangerang Aktifkan Peran RT/RW Kelola Sampah

Sumber:republika.co.id - 18 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Pemerintah Kota Tangerang mengaktifkan peran RT/RW dalam mengelola sampah sebagai inovasi dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin, mengatakan permasalahan lingkungan hidup yang timbul di wilayah Jabodetabek dan beberapa kota metropolitan memerlukan penanganan yang progresif, berani dan inovatif (Bussines Unusual).

"Kerja sama antar-daerah harus sesegera mungkin dilaksanakan, mengingat rumitnya persoalan. Salah satunya mengaktifkan peran RT/RW," ujarnya.

Dikatakannya, persoalan utama yang dihadapi oleh kebanyakan kota metropolitan secara umum adalah persoalan banjir, sampah dan kemacetan lalu lintas.

Penanganan sampah di Kota Tangerang, misalnya, harus dimulai dengan mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah.

Jika selama ini sampah dianggap sebagai barang yang tak berguna, melalui sosialisasi akhirnya masyarakat mulai mengembangkan usaha yang berbasis sampah.

Selain itu, katak Wali Kota, masyarakat juga harus diberikan pengertian tentang pentingnya pola hidup bersih.

"Adipura Kencana yang kita raih bukanlah sasaran utama, tapi bagaimana membudayakan hidup bersih di kalangan masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, berapapun anggaran yang digelontorkan untuk penanganan sampah, tidak akan ada artinya jika masyarakat tidak membudayakan pola hidup bersih di lingkungannya masing-masing. "Peran RT/RW salah satunya untuk hidupkan peran di lingkungan," katanya.



Post Date : 20 Agustus 2014