Aktivis Peringati Hari Bebas Kantong Plastik

Sumber:tempo.co - 3 Juli 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Untuk memperingati Hari Bebas Kantong Plastik yang jatuh tiap 3 Juli, beberapa aktivis merampas kantong plastik yang dibawa pengunjung sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Ketintang, Surabaya. Mereka menggantinya dengan kantong kain yang lebih ramah lingkungan.

Koordinator kegiatan peringatan tersebut, Hany, mengatakan gerakan international plastic bag-free day yang ia usung diorganisasi oleh GAIA, sebuah komunitas yang berpusat di Asia dan Eropa. "Pada intinya, gerakan ini menyerukan dihentikannya penggunaan kantong plastik di seluruh dunia," ujarnya, Kamis, 3 Juli 2014.

Menurut Hany, pemakaian kantong plastik dari tahun ke tahun terus meningkat. Di Indonesia, berdasarkan kajian pada 2010, satu orang menghasilkan 700 sampah kantong plastik per tahunnya. Jika jumlah penduduk Indonesia 237 juta, berarti ada sekitar 166 miliar sampah kantong plastik yang diproduksi. "Kalau di Surabaya, dengan penduduk 3 juta jiwa, ada sekitar 2,1 miliar sampah plastik," tuturnya

Desakan pembatasan penggunaan kantong plastik, kata Hany, harus terus disuarakan karena dampak buruknya sangat besar. Sebab, kantong plastik hanya digunakan satu kali dalam waktu beberapa menit, tapi untuk menghancurkannya sampai terurai dengan tanah dibutuhkan waktu 100-500 tahun. "Jelas, di sini dapat merusak lingkungan dan dapat membahayakan kesehatan karena memakai zat pewarna yang dapat menyebabkan kanker," katanya.

Sebagai kampanye mengganti kantong plastik, menurut Hany, Komunitas Nol Sampah Surabaya telah menyediakan tas kain yang pemakaiannya bisa lebih lama dan, apabila dibuang, tas cepat terurai dengan tanah. "Pada kesempatan kali ini, kami sediakan sebanyak 150 tas kain," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung mal, Entien Nur Farida, 20 tahun, mengatakan sangat mendukung aksi tersebut untuk memelihara lingkungan menjadi lebih baik. "Hebat, mereka peduli lingkungan banget," tutur Entien.


Post Date : 04 Juli 2014