Dapat Mandat Ahok, Pembersihan Sampah di Pintu Air Manggarai Dikebut

Sumber:detik.com - 18 Juli 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Sampah menumpuk di pintu air Manggarai, Jaktim mulai terangkut. Sejak dua hari lalu, sampah yang diangkut mencapai 35 truk. Tapi itu baru setengah sampah yang ada di Manggarai. Sampah ini menumpuk karena selama beberapa hari sampah tak diangkut. Ada kendala operasional.

"Biaya operasional ini untuk 5 wilayah per bulan itu kisarannya mencapai Rp 2-3 miliar. Itu untuk pengankutan sampah, dan biaya operasional alat berat. Karena sampah-sampah di sungai itu nggak mudah diangkut, makanya butuh alat berat," jelas Anto yang menjadi koordinator operasional alat berat dan truk pengangkut sampah saat ditemui di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2013).

Anto melanjutkan, kenapa kemudian sampah sungai menumpuk di Pintu Air Manggarai, karena ada masalah internal di Dinas Kebersihan. Urusan sampah di pintu air ini, setelah dilimpahkan ke Dinas Kebersihan, tidak diberikan sarana dan prasarana. 

"Termasuk anggaran untuk pembersihan sampah di sungai itu kurang, tidak mencukupi. Jadi yang mogok itu alat berat dan pengangkut sampah TPU Bantar Gebang, karena biaya operasional tidak ada sehingga alat berat dan truk pengangkut sampah itu tidak bisa digunakan," jelasnya.

"Jadi kalau ada berita tenaga kerja belum dibayar itu benar, tapi itu di luar wewenang Dinas Kebersihan," tambahnya lagi.

Anto berharap, dalam 2 sampai 3 hari ini, sampah bisa terangkut. Dia juga berharap cuaca bersahabat. Karena sampah di Pintu Air Manggarai itu sangat dipengaruhi cuaca. 

"Hujan lebat di Bogor, pasti datang air dan sampah. Volume sampah itu sulit untuk diprediksi. Kemampuan kita sehari juga belum tentu selesai. Kita juga dapat mandat dari bapak wakil gubernur DKI Jakarta," jelasnya.

Dapat mandat dari Ahok untuk membereskan pintu air Manggarai, pekerja mengebut kerjanya. "Dari kemarin. Kita kerjakan ini siang dan malam. Dari sini sudah diangkut sekitar 30 sampai 35 truk tronton. 50 persen sampah di sini sudah diangkut. Kemarin kan sampai jembatan, sekarang udah setengahnya," tutupnya.



Post Date : 19 Juli 2013