Draft Final Report Volume 2 Buku Putih Sanitasi Kota Denpasar

Penerbit:Denpasar: Pemerintah Kota Denpasar, 2007; v, 72 hal + tabel + gambar + lampiran ( 22 hal )
No. Klasifikasi:363.725.985.171 DRA
Kata Kunci:Buku Putih Sanitasi, Kota Denpasar, AMPL, EHRA
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku Putih ini dimaksudkan memberikan gambaran yang jelas dan faktual mengenai kondisi dan profil sanitasi kota Denpasar pada saat ini. Pemetaan kondisi dan profil sanitasi (sanitation mapping) dilakukan untuk menetapkan zona sanitasi prioritas yang penetapannya berdasarkan urutan potensi resiko kesehatan lingkungan (priority setting). Dalam draft final report Buku Putih ini priority setting dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang tersedia. Study Penilaian Resiko Kesehatan (Environmental Health Risk Assessment) atau EHRA akan dilaksanakan dalam waktu dekat yang hasilnya akan digunakan untuk melengkapi dan menyempurnakan penyusunan Final Report Buku Putih.Denpasar.

Denpasar merupakan pusat perdagangan, pemerintahan dan pariwisata membawa konsekuensi terhadap pesatnya perkembangan pembangunan yang mengakibatkan pengurangan luas lahan terbuka sebagai daerah resapan air sehingga berdampak pada kuantitas sumber air. Masyarakat lebih banyak memanfaatkan air bawah tanah sehingga menimbulkan dampak lingkungan diantaranya berupa interusi air laut.

Sampai Buku Putih ini disusun belum ada instansi yang bertugas menangani air limbah dan masyarakat kota belum semuanya menyadari bahwa air limbah yang dihasilkannya perlu diolah kembali sehingga tidak mencemari lingkungan. Sarana dan prasaran pengelolaan sampah belum memadai, sehingga belum semua wilayah dapat terlayani serta banyak saluran drainase yang seharusnya merupakan saluran pembuangan air limbah dan air hujan, menjadi tempat pembuangan sampah yang mengakibatkan semakin bertambahnya daerah yang tergenang pada musim hujan.

 



Post Date : 23 November 2012