Panduan Pelaksanaan Program RW Siaga Plus+, Integrasi Peningkatan Air Bersih, Sanitasi dan Perilaku Kebersihan untuk Menurunkan Kekurangan Gizi pada Balita: Buku 1 Pelaksanaan Promosi Perubahan Perilaku. Buku 2 Pelaksanaan Kegiatan Infrastruktur Air dan Sanitasi.

Pengarang:Tim RW Plus+ Mercy Corps
Penerbit:Jakarta: Mercy Corps, USAID, 2011, vi, 215 hal + gambar, 28 cm
Tahun Terbit:2011
No. Klasifikasi:623.854 Tim p
Kata Kunci:RW Siaga Plus+, Pedoman, Panduan, Pelatihan, Perubahan Perilaku, Hidup Bersih dan Sehat, Air Bersih, Sanitasi, Balita, Gizi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Dalam buku pertama dari panduan pelaksanaan program RW Siaga Plus+ ini mengetengahkan minimnya akses terhadap air bersih, meluasnya penggunaan septik tank yang tidak memadai dan pencemaran air yang disebabkan dari pembuangan limbah cair yang tidak terkontrol menyebabkan meningkatnya penyebaran diare di Indonesia. Untuk menjawab permasalahan diatas  Mercy Corps bekerjasama dengan USAID mengembangkan sebuah program RW Siaga Plus+, yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat miskin perkotaan Jakarta dan Bekasi melalui peningkatan akses suplai air minum dan sanitasi yang lebih baik.

Sebelum program ini dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan pengamatan langsung terhadap masalah yang telah diidentifikasi dan sumber daya masyarakatnya dengan cara berjalan menelusuri wilayah melalui lintasan yang disepakati.  Kemudian diadakan tahapan sosialisasi pada tingkatan Kecamatan, Kelurahan dan RW yang terpilih. Selain sosialisasi dilaksanakan pula promosi perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, pembangunan infrastruktur air dan sanitasi, pemeliharaan dan perawatan fungsi dan sarana yang telah dibangun sesuai kemampuan masyarakat, dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi program.
Untuk merealisasikannya peran kelompok kerja di lapangan dalam melakukan koordinasi, pendampingan dan pendekatan memiliki pengaruh yang tidak sedikit sehingga tumbuh keinginan politis untuk mendukungnya malalui Musrenbang.

Sedangkan dalam buku kedua membahas tentang panduan praktis pemakaian dan perawatan sarana air bersih yang menitikberatkan bagaimana agar masyarakat mendapatkan air bersih yang aman dan sesuai dengan peraturan pemerintah serta standar kesehatan; operasional dan perawatan proyek sanitasi program RW Siaga Plus+ 2011 yang membahas ketentuan ketentuan mengenai pengoperasian  dan pemeliharaan serta cara pengerjaannya di lapangan; pedoman pembuatan filter air, tempat cuci tangan pakai sabun; dan pedoman pembuatan WC Umum dan Septik Tank Komunal Berbasis Masyarakat dimana semua proses atau tahapan dalam mendapatkan fasilitas ini melalui pendekatan  atau partisipasi dari masyarakat pengguna agar semua keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama.

Buku panduan ini disusun sebagai acuan bagi berbagai pihak seperti kalangan pemerintah dan masyarakat serta pihak pihak yang ingin mereplikasi program RW Siaga Plus+ bagi kepentingan mereka.

 

 

 

 

 



Post Date : 06 Januari 2012