Pemko Medan kucurkan Rp10 M olah air limbah TPA

Sumber:waspada.co.id - 6 Mei 2013
Kategori:Air Limbah

Walikota Medan, Rahudman Harahap didampingi Wakil Walikota Dzulmi Eldin, mengatakan, Pemko  Medan akan  mengucurkan dana Rp1o miliar untuk pengelolalan air limbah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun Jalan Paluh Nibung Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Ketika meninjai TPA Marelan, hari ini, Rahudman mengatakan, salah satu bentuk penataan yang akan dilakukan  melalui penataan limbah sanitasi renfil. Meski telah memiliki sanitasi renfil namun belum dilakukan maksimal.

“Untuk itu Pemko Medan untuk Tahun Anggaran 2013 ini, menganggarkan lebih kurang Rp.10 miliar guna membuat sanitasi renfil. Apalagi Pemko Medan memiliki lahan seluas 4 hektar di lahan TPA terjun tersebut,” ungkapnya.

Walikota yang meninjau sanitasi renfil yang ada hasil pembangunan pihak pusat melalui Ditjen Cipta Karya diakui belum masimal. Air limbah hasil pengolahan belum sesuai harapan. Karenanya sanitasi renfil yang ada itu harus dikembangkan lagi agar pengolahan air limbah sesuai dengan yang diharapkan.           

Dikatakan, TPA  yang ada saat ini masih bisa dipergunakan 7 sampai 10 tahun lagi. Upaya yang dilakukan Pemko Medan ini telah ditinjau dari perwakilan Pemko Palembang dan Depok ketika studi banding ke Kota Medan.

Untuk, Rahudman meminta Kadis Kebersihan  Pardamean Siregar untuk selalu mempersiapkan alat-alat berat di tempat tersebut. Begitu ada bagian yang tidak dipergunakan lagi untuk pembuangan sampah selama seminggu, maka langsung ditutup.

Walikota selanjutnya memberikan instruksi kepada Kadis Kebersihan untuk melakukan sejumlah perbaikan lagi. Begitu juga dengan pimpinan instansi terkait, salah satunya Kadis Bina Marga Kota Medan Khairul Syahnan agar saling bersinergi. ”Dengan sinergitas yang kita lakukan, saya yakin hasilnya bisa lebih baik lagi ,” harapnya.



Post Date : 06 Mei 2013