Wakil Dubes AS Kunjungi Klinik Sampah di Malang

Sumber:Tempo.co - 28 Oktober 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Kristen Bauer, mengunjungi klinik asuransi sampah di Jalan Kedawung, Kota Malang, Jawa Timur. Klinik yang menggabungkan antara pelayanan kesehatan dengan isu lingkungan ini menjadi daya tarik Pemerintah Amerika Serikat. "Programnya bagus dan menarik," kata Bauer, Senin, 27 Oktober 2014.

Bauer mengaku tertarik melihat aktivitas sosial yang dilakukan CEO Indonesia Medika, Gamal Albinsaid. Gamal merupakan dokter lulusan Universitas Brawijaya Malang yang menerapkan program pelayanan asuransi kesehatan dengan sampah rumah tangga.

Menurut Bauer, program yang diterapkan Gamal merupakan yang pertama dengan mengangkat dua isu utama, yakni kesehatan dan lingkungan. Ia berharap program tersebut bisa diduplikasikan di seluruh daerah di Indonesia. Hasil kunjungannya akan disampaikan ke pemerintah AS agar mendapat perhatian dan bantuan.

Konsulat Jenderal AS di Surabaya, kata Bauer, bisa menindaklanjutinya. Ia mengangku bangga lantaran program sosial tersebut diselenggarakan anak muda. Apalagi program tersebut telah menyentuh rakyat kecil yang sulit mengakses kesehatan.

Sementara itu, Gamal berharap agar ide tersebut bisa direplikasi di negara lain. Ia siap membantu menyiapkan panduan dan pelatihan untuk menerapkan pelayanan serupa. Menurut Gamal, sejak 2010 berdiri lima pusat pelayanan kesehatan. "Sejumlah daerah telah menerapkan asuransi sampah," kata Gamal.

Syarat menjadi peserta asuransi sampah terbilang mudah, yakni menyerahkan foto kopi KTP dan kartu keluarga. Peserta setiap pekan wajib membawa sampah plastik dan kertas senilai Rp 10 ribu. Selanjutnya, mereka akan mendapat pelayanan kesehatan dasar di klinik terdekat. 

Kini, total pesertanya sebanyak 700 orang. Jumlah peserta, kata Gamal, pasang surut. Awalnya, jumlah peserta mencapai dua ribuan. Model asuransi ini, kata Gamal, memudahkan masyarakat untuk menjangkau pelayanan kesehatan. 


Post Date : 28 Oktober 2014