Warga Lomas Nikmati Air Bersih PNPM

Sumber:radiogwp.com - 5 Maret 2013
Kategori:Air Minum
Program pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan pedesaan yang digelontorkan melalui Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) dirasakan warga Kecamatan Long Mesangat (Lomas). Camat  Long Masengat  Ajuansyah menerangkan  proyek penyediaan air bersih yang  menggunakan dana PNPM-MP  sejak tahun 2009 dan dan tahun 2011 ini sudah lancar.

Fasilitas air bersih, ujar Ajuansyah sejak tahun 2011  sudah seratus persen lancar dan dinikmati  seluruh warga tujuh desa  yang berjumlah  1.800 Kepala Keluarga KK atau sekitar 4.600 lebih jiwa. “Warga Long Mesangat benar-benar merasakan manfaat program PNPM, apalagi mereka sebagian besar warga transmigrasi,” ujar ujarnya seraya menerangkan ke tujuh desa yakni  Desa Sumber Agung, Sumber Sari, Tanah Abang, Mukti Utama,  Melan, Sika Makmur dan desa Segoi Makmur.

Ajuansyah mengatakan selesainya  proyek air bersih masalah  ketersediaan air bersih di  Long Masengat sudah teratasi. “Meski  nanti musim kemarau air tidak akan krisis karena menggunakanair sungai yang juga tidak pernah surut,” katanya.

Pembangunan Sarana Air Bersih ini merupakan usulan usulan yang selama ini sangat menginginkan  adanya fasilitas air bersih,  Pemkab Kutai Timur setujui membangun  fasilitas air bersih setiap satu desa. PNPM-MP, terang Ajuansyah  mampu  mewujudkan keinginan warganya  dengan merealiasikan sarana air bersih.

Ajuansyah mengakui, sebagai daerah transmigrasi semangat warganya untuk membangun sangat tinggi. Ia mengaku bangga dengan semangat warganya, tidak heran Ajuansyah berharap kedepan Long Mesangat yang merupakan pemekaran  Kecamatan Muara Ancalong berkembang pesat.  “Warga  desa di Kecamatan Long Masengat ini adalah eks transmigrasi dari Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Timur, mereka berbaur dengan masyarakat lokal sehingga Long Mesangat kedepan lebih makmur lagi terlebih-lebih kini sedang dibangun bendungan yang nantinya mampu mengairi sawah masyarakat,” jelasnya.

Dalam beberapa tahun kedepan, Ajuansyah optimis daerahnya mampu menghasilkan beras lebih banyak bahkan mampu bersaing dengan Kaubun, Kaliorang dan Rantau Pulung. Jika program pertanian sukses, ia yakin warga Long Semangat semakin sejahtera. “Sekarang perkebunan kelapa sawit berkembang pesat, sebagian besar warga terserap di sektor perkebunan kelapa sawit,” ungkapnya.

Post Date : 06 Maret 2013